Antusiasme Tinggi Peserta Webinar Nasional Pelatihan Kreativitas Mahasiswa FISIP UNEJ 2020, Tembus 1030 Pendaftar

Hari ini, Selasa 28 Juli 2020 digelar Webinar Nasional Pelatihan Kreativitas Mahasiswa FISIP 2020 berpusat di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ). Webinar ini bertemakan Peningkatan Daya Saing Mahasiswa dalam Kompetisi PKM. Kegiatan kemahasiswaan berskala nasional ini menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Prof. Dr. Bambang Supriyono, M.S. (Dekan FIA Universitas Brawijaya Malang) dan Putu Aditya Ferdian Ariawantara (Dosen FISIP sekaligus reviewer PKM Universitas Airlangga Surabaya), dengan dimoderatori oleh Galih Wicaksono, M.Si (dosen FISIP UNEJ). Acara ini diselenggarakan secara daring mengingat pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir hingga saat ini. Walaupun begitu, panitia fakultas dibuat was-was sejak persiapan seminggu sebelumnya. Mengingat, animo pendaftar sangat tinggi untuk mengikuti acara ini dengan persiapan yang sangat singkat. Tercatat hingga hari H pelaksanaan, pendaftar yang sudah melakukan pendaftaran melalui google form menembus angka 1000 pendaftar! Berdasarkan keterangan dari Wakil Dekan III FISIP UNEJ, Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si, sebagaimana hasil wawancara dengan tim pengelola web fakultas, disebutkan bahwa pihaknya dibuat ketir-ketir mengingat baru pertama kali ini sebuah webinar nasional diikuti oleh 1000 pendaftar. Panitia pelaksana melaporkan ada 1032 pendaftar hingga gladi bersih 1 hari sebelum pelaksanaan. Oleh karenanya, panitia bekerja ekstra keras agar bagaimana kegiatan yang memang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Salah satunya dengan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNEJ dalam penyiapan media webinar meeting. Di samping itu, untuk mengamankan koneksi internet FISIP juga menggandeng UPT TIK UNEJ untuk optimalisasi jaringan (network optimalizing).

Penjabat Dekan FISIP UNEJ, Prof. Dr. Hadi Prayitno, M.Kes saat membuka acara webinar PKM FISIP UNEJ 2020

Webinar ini dibuka oleh Penjabat Dekan FISIP, Prof. Dr. Hadi Prayitno, M.Kes. Prof Hadi (biasa beliau disapa) mengucapkan apresiasi yang tinggi atas kerja keras seluruh panitia sehingga webinar ini dapat berlangsung dengan lancar. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan tujuan diadakannya webinar ini adalah sebagai wadah yang dibentuk oleh untuk memfasilitasi potensi-potensi mahasiswa. hendaknya para peserta dapat mengikuti secara seksama dan serius. 

Materi pertama oleh Prof. Dr. Bambang Supriyono, M.S. (Dekan FIA UNIBRAW Malang)

Dalam penyampaian materi pada sesi pertama, Prof. Dr. Bambang Supriyono, M.S. (Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya) menjelaskan tentang Arah Kebijakan Pendidikan Tinggi dalam Program Kreativitas Mahasiswa. Beliau mengungkapkan bahwa PKM perlu diadakan untuk membangun karakter dan keterampilan mahasiswa dalam menunjang keilmuan. PKM sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Selanjutnya, kata beliau pemilihan topik dalam PKM hendaknya: dapat dikaji, data tersedia, menarik untuk dikaji, aktual, serta relevan dengan kondisi sekarang. Keberhasilan PKM tidak hanya dari mahasiswa saja, namun butuh dukungan pembinaan oleh dosen, serta dukungan dari Perguruan Tinggi. Orientasi akhir PKM adalah meningkatkan kreatifitas, sikap moral, dan perilaku. Selanjutnya beliau juga menegaskan bahwa keberhasilan PKM berdampak pada prestasi Perguruan Tinggi dalam bidang kemahasiswaan.

Simulasi Cara Memilih Tema Riset oleh narasumber kedua Putu Aditya F.A., M.KP reviewer PKM tingkat nasional dari Unair Surabaya

Selanjutnya, pada penyampaian materi kedua, Putu Aditya Ferdian Ariawantara, S.IP., M.KP. menyampaikan materi tentang Pedoman Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa. Beliau mengatakan bahwa mahasiswa hendaknya secara seimbang sukses baik akademik maupun non-akademik. Kemudian, pak Putu yang juga reviewer PKM tingkat nasional memberikan tips memilih tema dalam PKM, dimana mahasiswa hendaknya membaca berbagai referensi (jurnal, artikel, majalah), tema bersifat aplikatif, adanya kebaharuan, serta data mudah diperoleh. Contoh tema PKM yang menarik saat ini misalnya mengenai work from home dan study from home serta ekonomi digital.

Jumlah pendaftar 1032 orang dengan peserta teregistrasi online 535 orang

Akhirnya, kegiatan webinar nasional ini ditutup dengan foto bersama via daring. Berdasarkan informasi diperoleh data dari 1032 pendaftar yang mengikuti acara ini yang berhasil melakukan registrasi online berjumlah 535 peserta. (cew)

Bookmark the permalink.