JEMBER SOSIAL POLITICAL DAY

Jember Sosial Political Day atau bisa disebut JSPD merupakan agenda besar yang baru pertama kali diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, JSPD memiliki serangkaian acara besar yang menarik, mulai dari acara LKTI Nasional, baksos, hingga acara seminar nasional.Acara yang bertaraf nasional ini berlangsung selama tiga hari berturut turut tepatnya tanggal 9-11 November 2018

Agenda pertama pada Jumat tgl 9 November 2018 yakni LKTI Nasional, lomba ini menarik minat mahasiswa dari berbagai daerah misalnya Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Makassar, Universitas Brawijaya,  dan juga Institut Teknologi Bandung, Universitas Jember pun tidak kalah eksis dalam lomba ini karena salah satu delegasi UNEJ terpilih menjadi salah satu finalis yang lolos dibabak 10 besar. “Bangga bisa jadi juara dan Senang bisa berkenalan dengan panitia lomba LKTI kami tunggu kedatangan teman teman UNEJ di Bandung”. Tutur Qinthar salah satu anggota tim dari ITB yang menjadi juara umum dalam LKTI Nasional JSPD FISIP UNEJ.

Acara berlanjut di hari Sabtu tepatnya tanggal 10 November 2018 dengan agenda Seminar Nasional dengan tema ”Signifikansi Politik Digital Dalam Pemilihan Presiden Dan Legialatif 2019″.  acara Seminar Nasional ini tentunya diisi oleh pemateri yang bergengsi di dunia politik Indonesia diantaranya yaitu :

  • Ali Masykur Musa, M. Si, M. Hum (ketua badan keuangan republik indonesia tahun 2009-2014)
  • Wasisto Raharjo Jati S. IP (peneliti LIPI)
  • H. Akhmad Muqowam (Wakil ketua DPD RI)
  • Fery Mursyidan Baldan (Mantan kepala badan pertahanan dan keamanan nasional 2014-2016)

Pemateri ini memberikan penyajian materi yang membangun mengenai politik dan pemilu di zaman yang digital ini.

“Digitalisasi dalam kehidupan kita hari ini adalah suatu keniscayaan, bahkan terjadi proses revolusioner pada hampir semua sisi kehidupan kita, digitalisasi politik menjadi tools yang sangat memudahkan bahkan mengefektifkan kegiatan kampanye. Peserta  pemilu bisa menyebar visi, misi dan komitmen yang menjadi konsernya dalam jangkauan yang luas”. Tutur Fery

Hari terakhir pelaksanaan JSPD yaitu Minggu tanggal 11 November 2018 yang diisi dengan agenda bakti sosial di Pantai Payangan. Para delegasi LKTI dan panitia saling berbaur untuk menanam bibit bakau di sekitar Pantai Payangan tujuannya tentu saja untuk mencegah adanya abrasi laut sehingga kelestarian dan kesuburan tanah pesisir tetap terjaga. Ketua BEM FISIP mengatakan kalau ia memiliki harapan yang besar agar kegiatan JSPD ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya.

 

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *