Mahasiswa FISIP UNEJ dalam Konferensi Tingkat Tinggi Istanbul Youth Summit (IYS) 2020 di Istanbul Turki

Dinda, mahasiswi Administrasi Negara UNEJ dalam Istanbul Youth Summit (IYS) 2020 di Istanbul Turki

Satu prestasi lagi ditorehkan mahasiswa Universitas Jember di kancah internasional dalam ajang pertemuan ilmiah. Dinda Renatha Wahyu Ridawati, mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara angkatan 2018 berhasil lolos seleksi program yang diselenggarakan oleh Youth Break the Broundaries (YBB) Foundation bekerjasama dengan Pemerintah Republik Turki dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Atas keberhasilannya itu, dia berhak mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Istanbul Youth Summit (IYS) 2020 dengan tema “Preparing Youth Leader 2045: Breakthrough in Regeneration for Strategic Position in Government and Non-Government Organization” pada 27 – 30 Januari 2020 yang lalu di Istanbul Turki. Menariknya, mahasiswi yang biasa disapa Dinda ini ketika berangkat ke sana atas biaya sendiri. Begitu kuatnya tekad untuk mengikuti kegiatan tersebut, anak pertama dari 2 bersaudara ini sempat mengalami penolakan dari kedua orang tuanya.

Sepulang dari Turki, Dinda dengan didampingi oleh Sekretaris Jurusan Ilmu Administrasi FISIP UNEJ Drs. Supranoto, M.Si, Ph.D menghadap Dekan FISIP UNEJ Prof. Dr. Hadi Prayitno, M.Kes di ruang kerjanya. Prof. Hadi amat bangga dengan prestasi yang telah diraih mahasiswinya tersebut dan menyampaikan ucapan selamat serta berpesan kepada Dinda agar tidak cepat berpuas diri dengan keberhasilannya itu. Dalam kesempatan tersebut, baru diketahui jika keberangkatan Dinda ke Turki atas inisiatif dan usaha sendiri. Menurut cerita Dinda, semangat awalnya adalah ketika di hari ulang tahunnya tahun 2019 yang lalu bertekad ingin memiliki kado manis dengan mendaftarkan diri dalam even di Turki hasil searching di Instagram. Terdapat 2 syarat agar lolos seleksi, yaitu harus menulis essay dan curriculum vitae (CV). Setelah menunggu beberapa waktu, pada Oktober 2019 mahasiswa peraih IPK 3, 69 ini menerima hasil pengumuman dan dinyatakan lolos terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk mempresentasikan Social Project dalam konferensi di Istanbul Turki. Dinda, yang alumni SMA Negeri 3 Lumajang dan penghobi editing video ini berhasil menjadi presenter bersama 155 delegasi dari berbagai negara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Yanuar Nugroho (Former Deputy Chief of Staff Executive Office of the President, Indonesia 2015-2019), Ilker Astarci (Director of the Center for Europe Union Education and Youth Programmes of the Republic of Turkey), Jeffry (The Representative from Consulate General of the Republic of Indonesia in Istanbul), Analisa Widyaningrum (Psychologist and CEO APDC Indonesia), K.H Asrorun Ni’am Sholeh (Deputi Pengembangan Kepemudaan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia), Turah Parthayana (Diaspora di Rusia and Youth Influencer Youtuber), dan Hofyan Nazakki (Director of Youth Break the Boundaries Foundation).
Kegiatan hari pertama yaitu Dinner, Opening Ceremony dan Cultural Night yang bertempat di Fatih Belediyesi Nikah Salonu. Pada hari kedua digelar Opening of Symposium dan di hari ketiga diisi dengan Social Project Presentation bertempat di Bağlarbaşi Kongre Ve Kültür Merkezi. Acara di hari terakhir dari kegiatan ini yaitu University Visit IYS 2020 dengan berkunjung ke Istanbul University dan mendapat sambutan hangat dari para petinggi Istanbul University dan dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Mahmut AK (Rektor Istanbul University), Prof. Dr. Recep Guloglu (Wakil Rektor Istanbul University), dan Prof. Dr. Murteza Bedir (Dekan Fakultas Ilmu Agama).

Di akhir ceritanya, Dinda sangat ingin terus mengikuti even-even internasional dan mengajak para mahasiswa Universitas Jember untuk tidak takut berkarya baik di bidang akademis maupun non akademis. Tentu, tekad ini perlu didukung oleh semua pihak demi terwujudnya Generasi Emas 2045. Selamat, Dinda. (cew)

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *