PEMBUKAAN PEMILU RAYA (PEMIRA) FISIP UNEJ 2020

Pada hari ini, Kamis 5 Maret 2020 bertempat di halaman parkir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ) berlangsung acara Debat Calon Ketua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang ada di lingkungan FISIP UNEJ.

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember menyelenggarakan debat kandidat Calon Ketua HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) “Global, Sinergitas, dan Loyalitas dengan Budaya Intelektual Menuju Pemira Ideal”, Pada hari Kamis (05/03/2020) dan hari Jum’at (06/03/2020) di Halaman Parkir FISIP Universitas Jember.

Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan III (Wadek III) FISIP UNEJ, Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si pada pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya, Wadek III menyampaikan bahwa Debat Calon Ketua HMJ dan Ketua BEM FISIP UNEJ ini merupakan kegiatan rutin yang penyelenggaraannya setiap tahun sekali. Beliau berpesan agar ada peningkatan kualitas penyelenggaraan pemilihan maupun peningkatan kualitas calon pengurus.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun. Cermati dalam perdebatan ini sehingga tidak keliru dalam pemilihan karena akan menjadi wakil FISIP dalam kegiatan organisasi mahasiswa keluar. Tolong dijaga ketertiban dan keamanan. Salurkan aspirasi di momen praktik demokrasi kampus ini!”, kata Wadek III FISIP UNEJ.

Kegiatan Debat Calon Ketua HMJ hari ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Pemilihan Raya (PEMIRA) FISIP UNEJ 2020. Ternyata kegiatan Debat ini sudah didahului dengan acara-acara sebelumnya. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemira FISIP UNEJ 2020, Rachmad Hidayat dalam wawancara dengan tim web, kegiatan ini adalah program bersama Ormawa, BEM Fakultas dan BPM Fakultas untuk regenerasi. KPU Pemira FISIP sendiri beranggotakan 45 mahasiswa dari berbagai unsur di FISIP UNEJ. Kegiatan ini bertujuan untuk memilih Ketum HMJ, Ketua dan Wakil Ketua BEM FISIP dan Anggota BPM FISIP. Menurut mahasiswa Adbis Angkatan 2018 ini, rangkaian acara diawali tanggal 20 Februari 2020 dengan acara Sosialisasi PEMIRA secara Online di Media Sosial dan dilanjutkan dengan acara Pendaftaran Bakal Calon pada 24 Februari – 2 Maret 2020. Lalu, pada 25 Februari 2020 dilakukan Sosialisasi dan Dialog Publik yang dilanjutkan pada 3 Maret 2020 acara Verifikasi dan Penetapan Calon oleh KPU Pemira FISIP UNEJ 2020. Kemudian untuk mengenal Calon, dilakukan masa Kampanye mulai 3 – 7 Maret 2020. Kegiatan hari ini salah satu masa kampanye dimana dilakukan acara Debat dan Orasi Calon untuk mengenal calon  lebih mendalam serta ada jeda masa tenang pada tanggal 8 Maret 2020. Acara dilanjutkan dengan puncak acara Pemilihan Raya pada 9 Maret 2020 dengan agenda pokok Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara.

Pada acara hari ini terlihat banyak mahasiswa FISIP yang menghadiri acara Debat Calon dan sangat antusias mengikuti acara. Pada sesi pertama dilakukan Debat Calon Ketua HIMAHI (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional).

Pada bagian akhir sambutan Wadek III FISIP juga berpesan agar setelah pemilihan, semua pihak sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan kampus.

“Bagaimana pun menjadi ketua maupun tidak, akan tetap menjadi bagian dari kehidupan kampus di FISIP ini. Semoga terpilih Ketua Himpunan yang sesuai dengan tema Debat Calon Ketua HMJ dalam PEMIRA FISIP UNEJ 2020,” kata Bu Anas dalam sambutannya.

Selamat belajar berpesta demokrasi di kampus! (cew)

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *