Pengujian Tanah untuk Pembangunan Gedung Dekanat FISIP

Pejabat Dekan FISIP UNEJ didampingi Kassubag. Umum dan BHM FISIP UNEJ ikut menyaksikan Uji Tanah oleh Tim Konsultan (3/9/20)(doc.sendiri)

Hari ini, Jumat (04/09/20) dilakukan Uji Penetrasi Test (SPT) berupa boring dalam oleh konsultan perencana bangunan dari PT. Sigma Rekatama Consulindo sebagai bahan persiapan pembangunan gedung baru FISIP. Penjabat Dekan FISIP disela-sela pendampingan dan monitoring di lapangan menyampaikan kepada tim redaksi laman bahwa pembangunan gedung baru ini berupa gedung dekanat berlantai 8 (lantai 9 roof top). Direncanakan gedung baru ini berlokasi di tengah-tengah lingkungan FISIP UNEJ. Berdasarkan informasi gedung baru ini akan dimulai pembangunannya pada tahun 2021. Sedangkan tahun ini pekerjaan dalam tahap perencanaan. Adapun tujuan dilakukannya pengujian tanah ini adalah untuk mengetahui jenis pondasi yang akan digunakan untuk konstruksi bangunan. Selain itu, dari hasil penyelidikan tanah dapat ditentukan perlakuan terhadap tanah agar daya dukung dapat mendukung konstruksi yang akan dibangun, Dari hasil penyelidikan tanah ini akan dipilih alternatif /jenis, kedalaman serta dimensi pondasi yang paling ekonomis tetapi masih aman. Jadi penyelidikan tanah sangat penting dan mutlak dilakukan sebelum struktur itu mulai dikerjakan. Dengan mengetahui kondisi daya dukung tanah kita bisa merencanakan suatu struktur yang kokoh dan tahan gempa, yang pada akhirnya akan memberi rasa kenyamanan dan keamanan bila berada didalam gedung.

Uji Penetrasi berupa boring dalam dilakukan sebagai persiapan pembangunan gedung berlantai 9 FISIP UNEJ tahun 2021 (3/9/20) (doc. sendiri)
Bookmark the permalink.