Seminar Jember Fashion Carnival 2017

foto 5

DIII Usaha Perjalanan Wisata, Universitas Jember diundang dalam Seminar yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan manajemen Jember Fashion Carnaval (JFC) di Hotel Aston pada tanggal 2 Maret 2017. Keterlibatan dosen dan mahasiswa DIII Usaha Perjalanan dalam kegiatan Jember Fashion Carnaval menjadi pembelajaran dan modal kerja sama dimasa yang akan datang bagi Pihak DIII maupun JFC.

Dalam seminar tersebut, hadir pula Dynand Fariz selaku Presiden Jember Fashion Carnaval,  Reko Astuti selaku Kepala Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Anang Hermansyah selaku Anggota Komisi X DPR RI. Hadir pula perwakilan Asosiasi Karnaval Indonesia dari Bali, Sulawesi, Nangroe Aceh Darusalam,, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Komunitas Citizen Info Warga Jember, Perwakilan Bank Indonesia, Staff Pengajar ESMOD serta Forum Destinasi Jember.

Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Ir Mirfano, yang menyampaikan bahwa Jember merupakan kota yang penuh potensi dan unik. Sedangkan Dynand Fariz mengatakan Jember menjadi icon Indonesia dan Dunia dalam festival karnaval dunia. JFC menjadi festival terbaik ketiga seluruh dunia dibawah USA dan Perancis. Beberapa kostum JFC memenangkan Best National Custom di ajang Miss Grand internasional dan Miss Supranatural.

Menurut Anang Hermansyah, peran legislatif sangat penting dalam mendukung JFC agar terus berkarya dan bersinar. Bahkan komitmen seluruh pihak sangat diharapkan salah satunya dengan aktualisasi dan tindakan nyata. Bagi Ibu Esthy, JFC yang mengusung local wisdom dan mengemasnya menjadi fashion kelas dunia perlu diapresiasi oleh pemerintah khususnya dalam rangka menjadikan Jember sebagai Destinasi Wisata Karnaval Indonesia.

Dalam seminar tersebut juga diperagakan Best National Custom yang memenangkan beberapa lomba. Selain itu juga dilakukan launching Tema JFC tahun 2017 yaitu Victory yang berarti kemenangan. Dengan peraga dan defile yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Tema-tema yang diangkat antara lain Royal Sigok, Mystical Toraja, dan Srivijaya Empire.(PO)

foto 3 foto 4 foto 1 foto 2

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *