Siraman Rohani FISIP Universitas Jember oleh Dr. Ali Masykur Musa

Pada Kamis, 4 Juni 2020 digelar acara Siraman Rohani dalam rangka Halal bi Halal oleh Dr. Ali Masykur Musa di aula lantai 2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Acara ini dibuka oleh Penjabat Dekan Prof. Dr. Hadi Prayitno, M.Kes dan dilaksanakan secara daring. Peserta yang ikut ternyata sangat banyak, bahkan ada sebagian alumni yang menyempatkan waktunya untuk mengikutinya.

Dr. Ali Masykur Musa sebagai penceramah siraman rohani FISIP 2020

Dr. Ali Masykur Musa dalam ceramahnya menyampaikan tema kesucian. Untuk kembali fitrah atau kembali ke kesucian jika dihubungkan dengan ilmu tasawuf maka dapat diartikan bagaimana menjaga kesucian dengan menjalankan proses mujahadah. Bagaimana cara kita mempertahankan agar kita tetap suci. Bagaimana agar kita lulus dengan nilai yang terbaik.  Di dalam tazkiyatul nafs, proses pembersihan diri jiwa kita dari nafsu-nafsu dunia agar bersih. Tazfiyatul qolbi membeningkan mata hati dan jiwa kita. Dimensi ruh jiwa kita. Kaum sufi mengatakan qolbun itu ibarat kaca. Kalau kaca kita buram, maka kita tidak mungkin bisa melihat secara jelas wajah kita. Jangan ada noktah/hitam. Selanjutnya, beliau juga menjelaskan nafsu lawwamah dan nafsu amarah. Jika nafsu ketemu akal, akal pembuat strategi dan nafsu yang mengarahkan. Untuk menjaga hati kita bersih fitri maka kita harus melakukan tasfiyatul nafs dan tasfiyatul qolbi. Pencerahan jiwa yang membeningkan mata. Menemukan makna beragama. Beliau mengatakan 2 diantara rukun Islam syahadat dan zakat; syahadat itu merupakan persaksian yang harus diikrorkan. Bersih dalam jiwa dan bening dalam mata hatinya. Kuncinya bagaimana agar orang bisa melakukan musahadah? Ilmu untuk orang bisa melakukan harus melalui ilmu yakin (kuliah S1, S2, S3), sesuatu yg kita renungkan ilmu ainul yakin. Kemudian ada juga ilmu haqul yakin dimana kategori ini merupakan level tertinggi dari tingkatan ilmu menurut tasawuf.

Peserta siraman rohani di aula FISIP UNEJ

Acara ini berlangsung dengan cukup meriah walaupun digelar dalam suasana pandemi covid. Tak sedikit yang mengikuti siraman rohani ini terutama yang lewat daring. Bahkan ada beberapa alumni yang turut berpartisipasi mengikutinya. Tentu hal ini tidak lepas dari sosok Dr. Ali Masykur Musa yang selain pernah mengenyam pendidikan di program studi Hubungan Internasional FISIP Unej, juga karena beliau sudah menjadi salah satu tokoh bangsa Indonesia.

Di akhir acara, Penjabat Dekan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung acara ini sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. (cew)

Bookmark the permalink.