Ujian Terbuka Promosi Doktor oleh Dr. Iryono, S.P., M.P.




Jember – Rabu, 26 Februari 2020, Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember kembali melaksanakan ujian terbuka promosi doktor, pada kesempatan ini Iryono yang merupakan mahasiswa doktor program studi Ilmu Administrasi dan juga menduduki jabatan Direktur Produksi PT. Tarutama Nusantara (TTN Group) Jember. Iryono resmi menyandang gelar doktor yang ke-33 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember setelah menyelesaikan ujian terbuka.
 
Ujian terbuka promosi doktor dipimpin oleh pimpinan sidang Prof. Dr. Hadi Prayitno, M. Kes. Selaku penjabat dekan FISIP UNEJ dan tim promotor Prof. Dr. HaryYuswadi, M.A dan ko-promotor 1 Dr. Djoko Poernomo, M.Si, ko-promotor 2 Dr. Sasongko, M.Si serta tim penguji yang terdiri dari Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M., Dr. Akhmad Toha, M.Si, Prof. Dr. Zarah Puspitaningtyas, S.Sos, S.E., M.Si., dan Prof. Dr. Mochammad Al Musadieq, MBA yang juga sebagai penguji tamu dari Universitas Brawijaya Malang. Disertasi yang disusun berjudul “Good Corporate Governance Berbasis Partnership (Studi Kasus Pada Koperasi Agrobisnis Tarutama Nusantara Jember)” yang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.
 
Disertasi yang diujikan bertujuan untuk menguji Hasil penelitian pada KOPA TTN Jember menunjukkan bahwaperwujudan the good partnership antara KOPA TTN dan HKC masih rendah. Halini dikarenakan kurang adanya transparansi antar pihak yang mengakibatkan keduanya seolah – olah berjalan sendiri – sendiri, meskipun pada dasarnya KOPA TTN dan HKC menjalin kerjasama yang cukup erat dan menguntungkan. Disamping itu juga, kurangnya kesadaran diantara keduanya terhadap kebijakan –kebijakan dalam sebuah kerjasama yang belum terimplementasi dengan baik sehingga menimbulkan sebuah kesenjangan. Kesenjangan tersebut apabila dibiarkan, maka dapat terjadi wanprestasi dari para pihak korporasi, yang berdampak menurunnya kinerja korporasi tersebut dan selanjutnya kerjasama
yang sudah terjalin lebih harmonis dapat “pecah kongsi” dan menjadi bubar. Sebagaimana telah dijelaskan pada bab – bab sebelumnya bahwa usaha tembakau terlebih dalam bidang ekspor perlu adanya perantara dagang (“broker”) antara produsen dan konsumen. Sebab, pihak “broker” yang lebih mengetahui kondisi pasar dan bagaimana keinginana konsumen, sehingga perlu adanya saling keterbukaan (transpransi) diantara keduanya guna mempelancar proses kerjasama yang berlangsung. Kurangnya transparansi diantara kedua belah pihak kemudian menimbulkan sebuah kesenjangan yang kemudian muncul keinginan untuk untung sendiri dan cenderung mencari pasar yang lebih menjanjikan untuk perkembangan sebuah usaha. Dengan demikian, konseptualisasi dalam penelitian ini yaitu diperlukan adaya keterbukaan dalam melakukan sebuah kerjasama sehingga kerjasama yang terjalin semakin baik dan optimal sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan. Sebagaimana konsep yang diusung dalam kemitraan korporasi dengan pendekatan teori Agency sebagai alat untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini, maka adanya kelemahan sebuah hubungan kemitraan untuk 287 terealisasinya the good partnership dalam mendukung sebuah tata kelola perusahaan yang baik/ the good corporate governance diantara kedua belah pihak,oleh karena itu diperlukan kesadaran bersama untuk keberlangsungan usaha dalam memposisikan dirinya dalam sebuah kerjasama. Dengan demikian, konsep teori agency belum cukup menjelaskan secara keseluruhan tentang faktor – faktor yang mempengaruhi sebuah kebijakan karena dalam konteks kerjasama dua pihak perusahaan, kebijakan juga dipengaruhi oleh unsur kesadaran diri dalam menjalankan kerjasama korporasi sehingga terwujudnya the good partnership dan the good corporate governance antar kedua belah pihak.

Selamat kepada Dr. Iryono, S.P., M.P., semoga gelar dan ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi dunia pendidikan, dunia usaha dan memajukan dunia pendidikan serta instansi tempat mengabdi. (HW)
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *