Webinar dengan Tema “Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Jadi Ultras FISIP”

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember mengadakan Webinar dengan Tema “Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Jadi Ultras FISIP” pada hari Rabu (28/10/2020) bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.

Diselenggarakan secara daring melalui Aplikasi Zoom, Webinar dengan Tema “Peringatan Sumpah Pemuda dan Hari jadi Ultras FISIP” yang bertempat di Ruang Sidang FISIP UNEJ dihadiri langsung oleh segenap perwakilan dari Organisasi Mahasiswa (Ormawa), pembicara/pengisi materi Dekan FISIP UNEJ Dr Djoko Poernomo, M.Si, PresBEM FISIP UNEJ 2019 dan tak lupa juga peserta Zoom yang berada di berbagai wilayah.

Webinar ini dimoderatori oleh salah satu Pengurus BEM FISIP UNEJ 2020 yaitu Dinda Nur Rachma. Wakil Dekan III Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si membuka acara dengan memberikan himbauan kepada peserta Webinar bahwa selama masa pandemi Covid-19 masih berlangsung diharapkan Mahasiswa yang berada di rumah tetap menjaga kesehatannya dan bagi mahaswa yang hadir tetap menjaga dan mematuhi protokol Kesehatan guna untuk menghindari tertularnya virus Corona dan menghambat Persebarannya.

            Selain Itu Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si menuturkan bahwa perlunya menjaga kedisiplinan saat work from home atau dalam hal ini mahasiswa perlu disiplin dalam belajar di rumah, serta tidak boleh terlalu banyak bermalas-malasan di rumah. Dalam pemaparannya, Bu Anas menafsir ulang makna pemuda dan mahasiswa. Ia menekankan peran mahasiswa sebagai agen perubahan menjadi lebih kompleks dengan harapan menentukan posisi apa yang akan dipilih ketika sudah lulus. Kampus menjadi area titik temu tempat melakukan aktualisasi diri, pembentukan karakter, dan pembentuk jaringan sosial masyarakat.

            Diperingatinya Hari Sumpah Pemuda ini, Dr Djoko Poernomo, M.Si selaku Pembicara menjelaskan bagaimana cara agar kita menjadi pemuda Tangguh di masa Revolusi Industry 4.0 dan Pandemi Covid-19. Dalam presentasinya Beliau menerangkan beberapa tahapan Revolusi Industri kemudian bagaimana tampang daripada kegiatan ekonomi dunia saat ini. “Di masa pandemi Covid-19 ini, perlu ditingkatkan skill-skill dalam perindustrian agar ekonomi tetap berjalan dengan optimal yang oleh karenanya itu diperlukan sumber daya yang mumpuni seperti kreativitas anak muda, inovasi dan keperdulian antar sesama masyarakat yang saling membutuhkan” tambah Dekan FISIP UNEJ Dr Djoko Poernomo, M.Si

            Selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Webinar ini juga untuk memperingati hari dimana disepakati adanya pembentukan Ultras FISIP yang didirikan sejak 2018. Terbentuknya Ultras FISIP ini dilatar berlakangi oleh sebuah keinginan adanya sebuah solidaritas yang saling mengaitkan antara jurusan-jurusan yang ada di fisip, meski siapapun yang ada di fisip berbeda-beda jurusan bagaimana juga tetap satu fisip solid dan Ultras ada sebagai bentuk manifestasi kebanggaan akan identitas Fisip. Dinamakan Ultras FISIP, karena dalam kultur supporter sepak bola, Ultras adalah sebagai pendukung tim kebanggaan tanpa pamrih tanpa pemimpin dan saling membanggakan sesama anggota Ultas Fisip sendiri. Dibentuknya Ultras Fisip  diharapkan terus independent atau tanpa pemimpin yang tujuannya adalah untuk menghindari konflik kepentingan.

Bookmark the permalink.