Sejarah

Pada tanggal 15 September 1961 Yayasan Tawang Alun mendirikan Fakultas Sosial dan Politik, sehingga mulai saat itu Universitas Tawang Alun mempunyai 3 (tiga) Fakultas yakni: (1) Fakultas Hukum, (2) Fakultas Sosial dan Politik, (3) Fakultas Ilmu Pendidikan. Fakultas Sosial dan Politik sebenarnya merupakan penjelmaan dari Fakultas Administrasi Negara dan Perusahaan yang sudah berjalan setahun lamanya di lingkungan Universitas Tawang Alun. Pada saat itu jurusan yang dimiliki adalah Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Keadaan tenaga pengajar pada saat itu terasa masih sangat kurang. Untuk menanggulanginya maka sebagian besar tenaga pengajar didatangkan dari luar kota, misalnya Malang dan Surabaya sebagai dosen luar biasa, selain merekrut sarjana-sarjana yang bersedia menjadi dosen tetap.

Pada tahun ajaran 1962/1963 dibuka satu jurusan baru yakni, jurusan Hubungan Internasional dengan tenaga pengajar sebagian besar didatangkan dari Fakultas Sosial dan Politik Universitas Gajah Mada Jogjakarta. Pimpinan Fakultas Sosial dan Politik untuk pertama kali dijabat oleh Drs. Soepardi Soerjohartono sebagai Dekan dan Sekretaris Drs. Suparman Hadi. Kemudian, berdasarkan Surat  Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 Tahun 1963 tanggal 5 Januari 1963 Universitas Tawang Alun dan Universitas Brawijaya Malang dinegerikan dengan nama Universitas Brawijaya. Fakultas Sosial dan Politik Universitas  Tawang Alun  dengan demikian menjadi Fakultas Sosial dan Politik Universitas Brawijaya yang berkedudukan di Jember. Pada periode ini fakultas dipimpin oleh Drs. R. Soesilo sebagai Dekan dan Sekretaris adalah Soenarko, SH.

Pada waktu Fakultas Sosial dan Politik masih berada di dalam lingkungan Universitas Brawijaya telah diadakan persetujuan antara Rektor Universitas Brawijaya (Bapak Dul Arnowo) dengan Pangdam VIII Brawijaya,  tanggal 30 Juli 1964. Isi persetujuan bahwa Fakultas Sosial dan Politik diberi tugas untuk meng up-grade para karyawan baik militer maupun sipil di daerah Jember. Untuk melaksanakan tujuan tersebut, didirikan Jurusan Dana Karya dengan mahasiswa berstatus karyawan.

Persetujuan tersebut sebagai realisasi dari surat Menteri Panglima Angkatan Darat kepada Pangdam VIII Brawijaya No.3/201/1963 perihal penyelenggaraan kuliah pada sore hari dan surat dari Departemen Angkatan Darat kepada Pangdam  VIII No.3/364/1964 tanggal 4 Maret 1964 tentang persetujuan kerjasama antara Kodam VIII Brawijaya dengan Universitas Brawijaya. Seiring peresmian Universitas Brawijaya Cabang Jember menjadi Universitas Negeri Djember pada tanggal 10 November 1964, maka diresmikan pula Jurusan Dana Karya pada Fakultas Sosial dan Politik yang kemudian berubah menjadi Jurusan  Administrasi Niaga. Atas dasar itu, Fakultas Sosial dan Politik memiliki tiga jurusan yakni: (1) Jurusan Ilmu Administrasi Negara (2) Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, dan (3) Jurusan Ilmu Administrasi Niaga. Adanya ketentuan perubahan struktur pimpinan Perguruan Tinggi maka Fakultas Sosial dan Politik menyesuaikan pola kepemimpinan sebagai berikut:

Dekan                      : Drs. R. Soesilo;

Pembantu Dekan I    : Drs. Achmad Khusyairi;

Pembantu Dekan II   : Drs. Toekidjan Prawirosoedirdjo;

Pembantu Dekan III  : Drs. I Gede Widja.

Sejak Universitas Negeri Djember menjadi suatu universitas berdiri sendiri (berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No.151 tahun 1964 tanggal 9 November 1964), sehingga Fakultas Sosial dan Politik makin meningkat kegiatannya. Meningkatnya volume kegiatan tidak hanya pada penyempurnaan di bidang pendidikan dan pengajaran tetapi juga kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pada tanggal       1 Januari 1966, Drs. R. Soesilo mengundurkan diri sebagai Dekan, untuk sementara Fakultas Sosial dan Politik dibawah pimpinan suatu Presidium yang terdiri dari tiga orang yakni:

  1. Achmad Khusyairi;
  2. Toekidjan Prawirosoedirdjo;
  3. Soenarko, SH.

Masa Presidium ini berakhir pada bulan Juli 1966, selanjutnya susunan pimpinan  Fakultas Sosial dan Politik Universitas Negeri Djember menjadi sebagai berikut:

Dekan                      : Prof. Mr. KRMTD Tirtodiningrat, SH;

Pembantu Dekan I    : Drs. Achmad Khusyairi;

Pembantu Dekan II   : Drs. Toekidjan Prawirosoedirdjo;

Pembantu Dekan III  : Drs. I Gede Widja.

Pada awal tahun 1968, Fakultas Sosial dan Politik mulai meng-hasilkan sarjana baru, khususnya Jurusan Ilmu Administrasi Negara sebagai jurusan tertua pada Fakultas Sosial dan Politik. Dengan lahirnya sarjana baru, maka kekurangan tenaga pengajar mulai dapat teratasi sebab sebagian dari lulusan tersebut menjadi dosen tetap.

Sejak tanggal 1 Oktober 1968, Prof. Mr KRMTD Tirtodiningrat, SH sebagai Dekan Fakultas Sosial dan Politik menyerahkan tugas dan wewenang sehari-hari kepada Pembantu Dekan I untuk bertindak sebagai Kuasa Dekan.  Pada tanggal 20 Mei 1969 diadakan Rapat Senat Fakultas untuk memilih Dekan sebagai pengganti Prof. Mr. KRMTD. Tirtodiningrat SH, dan terpilih Drs. Achmad Khusyairi sebagai Dekan. Secara rinci susunan pimpinan Fakultas Sosial dan Politik (dan disahkan oleh Surat Keputusan Rektor No. 063/BUP-I/Uned/-70 tanggal 2 Novem-ber 1970) adalah sebagai berikut:

Dekan                                : Drs. Achmad Khusyairi;

Pembantu Dekan I              : Drs. Toekidjan PS;

Pembantu Dekan II             : Drs. Achmad Satar;

Pembantu Dekan III            : Drs. M. Iljas Bakri.

Setelah melalui perjalanan panjang dengan berbagai dinamika  susunan pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember dalam periode selanjutnya adalah sebagai berikut:

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1972 s.d. 1974

Dekan                                : Drs. Akhmad Khusyairi;

Pembantu Dekan I              : Drs. Toekidjan Prawirosoedirdjo;

Pembantu Dekan II             : Drs. Akhmad Satar;

Pembantu Dekan III            : Drs. Sandjaya.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1974 s.d. 1976

Dekan                                : Drs. Toekidjan Prawirosoedirdjo;

Sekretaris                           : Drs. Sandjaya.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1976 s.d. 1979

Dekan                                : Drs. Akhmad Khusyairi;

Pembantu Dekan I              : Drs. Sandjaya;

Pembantu Dekan II             : Drs. Soenarjo Danuwasito;

Pembantu Dekan III            : Drs. R. Pandji Seputro.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1979 s.d. 1982

Dekan                                : Drs. Sandjaya;

Pembantu Dekan I              : Drs. Umaidi Radi;

Pembantu Dekan II             : Drs. Soenarjo Danuwasito;

Pembantu Dekan III            : Drs. Krebet Bb.Budyantoro  DS;

selanjutnya diganti oleh       : Tjitjiek  Soedhiarso, SH.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1982 s.d. 1985

Dekan                                : Drs. Sandjaya;

Pembantu Dekan I              : Drs. Bariman;

Pembantu Dekan II             : Drs. Soenarjo Amnan;

Pembantu Dekan III            : Tjitjiek Sedhiarso, SH.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun  1985 s.d. 1988

Dekan                                : Drs. Achmad Satar;

Pembantu Dekan I              : Drs. Bariman;

Pembantu Dekan  II            : Drs. Soeranto Soerantomo;

Pembantu Dekan III            : Drs. R. Pandji Sepoetro.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1988 s.d. 1991

Dekan                                : Drs. Soenarjo Danuwasito;

Pembantu Dekan I              : Drs. Asrial Aziz;

Pembantu Dekan II             : Drs. Bariman;

Pembantu Dekan III            : Drs. Moch. Toerki.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1991 s.d. 1994

Dekan                                : Drs. Soenarjo Danuwasito;

Pembantu Dekan I              : Drs. Nurudin M Yasin;

Pembantu Dekan II             : Drs. Sjoekron Sjah, SU;

Pembantu Dekan III            : Drs. Soeranto Soerantomo.

Pimpinan FISIP Universitas Jember Tahun 1994 s.d.1997

Dekan                                : Prof. Drs. Bariman;

Pembantu Dekan I              : Drs. Asrial Aziz;

Pembantu Dekan II             : Drs. Hendro Muljono;

Pembantu Dekan III            : Drs. Humaidi, SU.

Pada periode kepemimpinan tahun 1994 s.d. 1997 berdiri pro-gram baru yaitu Program Diploma III Perpajakan. Program diploma ini berdiri berkat adanya kerjasama antara Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan RI dengan Universitas Jember pada tanggal 20 Januari 1996 di kampus Universitas Jember. Program Diploma ini mulai menerima mahasiswa baru pertama kalinya untuk tahun akademik 1996/1997.

 

Pimpinan FISIP Tahun 1997/1998 s.d. 2000/2001

Dekan                                : Prof. Drs. Bariman;

Pembantu Dekan I              : Drs. Umaidi Radi, MA;

Pembantu Dekan II             : Drs. Matnur Haryono;

Pembantu Dekan III            : Drs. Hendro Muljono.

Pada periode kepemimpinan 1997/1998 s.d. 2000/2001 berdiri program baru yaitu Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata yang merupakan program Diploma kedua pada FISIP Universitas Jember. Program ini berdiri didasarkan pada Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor: 175/Dikti/Kep/1998 tanggal 5 Juni 1998 tentang Pembentukan Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember dan mulai menerima mahasiswa baru pertama kalinya untuk tahun akademik 1998/1999.

Terakreditasinya Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis dengan nilai A dan seiring dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, mendorong FISIP Universitas Jember membuka Program Ekstensi. Sejalan dengan hal tersebut, maka mulai tahun akademik 1999/2000 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 152/DIKTI/Kep/1999 tanggal 19 April 1999 dibuka Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Ekstensi dan mulai menerima mahasiswa baru untuk pertama kalinya. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan akan kualitas sumber daya manusia menyongsong otonomi daerah, Universitas Jember menjalin kerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara yang tertuang dalam Naskah Kerjasama nomor 7553/J25/PP9/2000 dan 03/JI/XII/2001, FISIP Universitas Jember membuka Program Sarjana (S1) Ilmu Administrasi Negara (Karyasiswa). Program ini khusus dibuka bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berminat untuk meningkatkan ke-mampuannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan perkembangan daerah. Pada perkembangan berikutnya program studi ini tidak hanya menerima mahasiswa baru dari kalangan PNS tetapi juga dari kalangan non PNS (umum) hingga tahun akademik 2008/2009. Pada tahun akademik 2009/2010, Program Ekstensi berubah menjadi Program Reguler kelas sore.

Pemikiran dan upaya untuk menata kelembagaan berdasarkan peraturan perundang-undangan terutama PP 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi terus diupayakan. Sejalan dengan itu berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 2340/J25/PP.9/2001 tentang Penetapan Struktur Program Diploma III Perpajakan dan Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata FISIP Universitas Jember, strukturnya berada di bawah Jurusan Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember. FISIP Universitas Jember terus berusaha menambah program studi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Upaya ke arah itu terus dilakukan dengan membuka program Studi Sosiologi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 341/DIKTI/Kep/2000 tentang Pembentukan Program Studi S1 Sosiologi di Universitas Jember.

Pimpinan FISIP periode Tahun 2000/2001 s.d. 2004/2005:

Dekan                                : Drs. Moch. Toerki;

Pembantu Dekan I              : Drs. Agus Budihardjo, MA;

Pembantu Dekan II            : Drs. Radlia Kemal Widjadi, SU;

Pembantu Dekan III            : Drs. Fadholi Said, SU.

Sehubungan dengan terpilihnya Drs. Agus Budihardjo, MA sebagai Pembantu Rektor II maka posisi Pembantu Dekan I dijabat oleh Drs. Djoko Poernomo, M.Si selama delapan bulan (Nopember 2004 s.d. 15 Juni 2005). Selanjutnya dengan telah berakhirnya masa jabatan pimpinan FISIP Universitas Jember, maka telah ditetapkan pimpinan baru Tahun 2005/2006 s/d 2009/2010 sebagai berikut:

Dekan                                : Dr. Uung Nasdia, B.Sw, MS;

Pembantu Dekan I              : Drs. Djoko Poernomo, M.Si;

Pembantu Dekan II             : Drs. M. Affandi, MA;

Pembantu Dekan III            : Drs. Hartono Djulianto, M.Si;

Di era kepemimpinan periode tahun 2005/2006 s.d. 2009/2010, Pogram Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Administrasi Negara dan Jurusan/Program Studi Ilmu Hubungan Internasional terakreditasi dengan nilai A, sedangkan Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial terakreditasi dengan nilai B dan Program Studi Sosiologi terakreditasi dengan nilai C. Untuk Program DIII, baik Perpajakan maupun Usaha Perjalanan Wisata, masih dalam proses akreditasi.

Pada tahun akademik 2009/2010 terjadi pergantian kepe-mimpinan di FISIP Universitas Jember dengan masa bakti sampai tahun 2013/2014 sebagai berikut:

Dekan                                : Prof. Dr. Hary Yuswadi, MA

Pembantu Dekan I              : Drs. Himawan Bayu Patriadi, MA.Ph.D

Pembantu Dekan II             : Drs. Rudy Eko Pramono, M.Si

Pembantu Dekan III       : Drs. Sutrisno, M.Si

Comments are closed.