PROFIL PROGRAM STUDI
Visi Program Studi
“Dalam waktu 10 tahun berhasil menjadi institusi pendidikan yang mampu menghasilkan sarjana ilmu administrasi negara khususnya pada kajian tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance) yang berkarakter, berwawasan lingkungan, serta unggul pada tataran lokal, regional, dan global.”
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sarjana ilmu administrasi negara yang tunduk dan patuh pada kekuasaan Sang Maha Pencipta, menjunjung tinggi norma agama, cinta tanah air, profesional, berkearifan lokal, analitis, inovatif, kreatif, mandiri, memiliki integritas keilmuan, beretika digital mindset, adaptif, kolaboratif, komunikatif, inklusif, sadar lingkungan, sadar HAM, dan antikorupsi dalam menjalankan tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance). .
- Mengembangkan budaya akademik yang kokoh dan terintegrasi ke dalam Kelompok Riset untuk mendukung penelitian bidang ilmu administrasi negara khususnya pada kajian tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance).
- Meningkatkan kebermanfaatan hasil penelitian dan keilmuan melalui pengabdian masyarakat yang terintegrasi ke dalam Keris-DiMas di bidang ilmu administrasi negara khususnya pada kajian tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance).
- Mengoptimalkan kapasitas bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai mitra strategis di tingkat lokal, regional, maupun internasional.
Tujuan Program Studi
1. TP1
Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan karakter bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,cinta tanah air, profesional, berkearifan lokal, analitis, inovatif, kreatif, mandiri, memiliki integritas keilmuan, beretika, digital mindset, adaptif, kolaboratif, komunikatif, inklusif sadar lingkungan, sadar HAM, antikorupsi.
2. TP2
Terciptanya sarjana yang unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu administrasi negara khususnya yang terkait dengan tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance) pada lingkup lokal,
regional, maupun internasional.
3 . TP3
Terciptanya sarjana bidang ilmu administrasi negara yang memiliki kapasitas untuk berkarya secara baik dan benar di berbagai lapangan kerja yang relevan.
4 . TP4
Terciptanya sarjana bidang ilmu administrasi negara yang memiliki kapasitas untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya dalam bidang ilmu yang sesuai.
DOSEN PENGAJAR
Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D.
Dr. Sutomo, M.Si.
Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.
Dr. Dina Suryawati, S.Sos., M.AP.
Tree Setiawan Pamungkas, S.AP.,M.PA.
Drs. Agus Suharsono, M.Si.
Drs. Anwar. M.Si.
Hermanto Rohman, S.Sos., M.PA.
Abul Haris Suryo Negoro, S.IP.,M.Si.
Dr. Suji, S.Sos., M.Si.
Nian Riawati, S.Sos.,M.PA.
Drs. Boedijono, M.Si.
Muhammad Hadi Makmur, S.Sos., M.AP.
Sukron Makmun, S.Sos., M.Si.
DAFTAR NAMA DAN NOMOR HP/WA DAN NIDN DOSEN PRODI. AN
No | Nama | NIP. |
Kode Dosen |
NIDN | Alamat Email | No. HP | Jabatan |
1 | Drs. Boedijono, M.Si | 196103311989021001 | 09082 | 0031036102 | budimbahman@yahoo.com | 081234553588 | Penata/ III.c Lektor |
2 | Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si | 195805101987022001 | 09065 | 0010055812 | a_murdyastuti@yahoo.com | 081358707044 | Pembina/ IV.b Lektor Kepala |
3 | Drs. Anwar, M.Si | 196306061988021001 | 09074 | 0006066309 | arifanwar51@yahoo.com | 081336502709 | Penata/ III.c Lektor |
4 |
Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D |
196102131988021001 |
09080 |
0013026104 |
moeroe.supranoto@gmail.com |
085236199745 |
Pembina/ IV.a Lektor Kepala |
supranoto.fisip@unej.ac.id | |||||||
5 | Dr. Sutomo, M.Si | 196503211991031003 | 09098 | 0021036504 | sutomo.fisip@unej.ac.id | 082143409968 | Penata/ III.c Asisten Ahli |
6 | Drs. Agus Suharsono, M.Si | 196308141989031023 | 09092 | 0014086309 | agussuharsono21@yahoo.co.id | 0816528281 | Pembina/ IV.a Lektor Kepala |
7 | Dr. Selfi Budi H, M.Si | 197003221995122001 | 09106 | 0022037007 | selfi_budi_helpiastuti@yahoo.com | 081559667337 | Penata/ III.c Lektor |
8 | Dr. Suji,S.Sos, M.Si | 197006152008121000 | 09133 | 0015067008 | suji42@gmail.com | 082332622749 | Penata/ III.c Lektor |
9 |
Dr. Dina Suryawati, S.Sos, M.AP |
198009172005012001 |
09122 |
0017098004 |
|
Penata/ III.c Lektor |
|
081515364972 | |||||||
10 | Hermanto Rohman, S.Sos, MPA | 197903032005011001 | 09125 | 0003037905 | rohman.hermanto@yahoo.com | 081336571593 | Penata Muda/ III.a Asisten Ahli |
11 | M. Hadi Makmur, S.Sos, M.AP | 197410072000121001 | 09115 | 0007107402 | makmur.unej@gmail.com | 081336295741 | Penata/ III.c Lektor |
12 | Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., MPA | 199010032015041001 | 09591 | 0003109001 | tree.sp.fisip@unej.ac.id | 085740550096 | Penata/ III.b Asisten Ahli |
13 | Nian Riawati S.Sos., MPA ( Studi Lanjut ) | 198506092015042002 | 09592 | 0509068501 | nian.fisip@unej.ac.id | 085258590410 | Penata Muda TK.I/III.b Ass. Ahli |
14 | Abul Haris Suryo Negoro, S.IP, M.Si | 198210292015041001 | 09593 | 0029108203 | haris.fisip@unej.ac.id | 081358009358 | Penata/ III.c. Lektor |
15 | Sukron Makmun S.Sos.,M.Si. | 198902102022031004 | makmunjaya@unej.ac.id | 081336902997 | Penata Muda TK.I / III.b |
Angket Visi Keilmuan
Struktur Organisasi
Pengelola Prodi
AKADEMIK
Kurikulum Program Studi
SMT | NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | STATUS | DITAWARKAN | MBKM |
1 | MPK9006 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | Nasional | GAGE | Non-MBKM | |
2 | MPK9007 | Bahasa Indonesia | 2 | Nasional | GAGE | Non-MBKM | |
3 | UNU9004 | Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Etika Akademik | 2 | Universitas | GAGE | Non-MBKM | |
4 | UNU9007 | Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan | 2 | Universitas | GAGE | Non-MBKM | |
I | 5 | SPN1101 | Teori-teori Sosial | 3 | Prodi | GASAL | MBKM |
6 | SPN1102 | Teori-teori Politik | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
7 | SPN1201 | Pengantar Ilmu Administrasi Publik | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
8 | SPN1203 | Azas-Azas Manajemen | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 20 | ||||||
1 | MPK9001 | Pendidikan Agama | 2 | Nasional | GAGE | Non-MBKM | |
2 | UNU9001 | Pendidikan Pancasila | 2 | Nasional | GAGE | Non-MBKM | |
3 | SPN1303 | Hukum Administrasi Negara | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
4 | SPN1209 | Teori Organisasi | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
II | 5 | SPN1401 | Sistem Administrasi Negara | 3 | Prodi | GENAP | MBKM |
6 | SPN1211 | Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
7 | SPN1621 | Administrasi Pembangunan | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
8 | SPN1411 | Sistem Informasi Manajemen | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
9 | SPN1301 | Kepemimpinan Administrasi | 3 | Prodi | GENAP | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 25 | ||||||
III | 1 | SPN1302 | Manajemen Publik | 3 | Prodi | GASAL | MBKM |
2 | SPN1304 | Isu dan Kebijakan Otoda | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
3 | SPN1308 | Kebijakan Publik | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
4 | SPN1310 | Pengambilan Keputusan | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
5 | SPN1311 | Keuangan Negara | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
6 | SPN1312 | Komunikasi dan Advokasi Kebijakan | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
7 | SPN1313 | Governansi Digital | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
8 | SPN1314 | Birokrasi dan Governansi Publik | 3 | Prodi | GASAL | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 24 | ||||||
IV | 1 | SPU1323 | Metodologi Penelitian | 3 | GAGE | Fakultas | MBKM |
2 | SPN1517 | Metode Penelitian Administrasi | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
3 | SPN1701 | Ekonomi Politik | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
4 | SPN1414 | Administrasi Pemerintahan Daerah | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
5 | SPN1415 | Etika Administrasi Publik | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
6 | SPN1619 | Perilaku Organisasi | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
7 | SPN1417 | Analisis Kebijakan | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
8 | SPN1501 | Perencanaan Pembangunan | 3 | GENAP | Prodi | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 24 | ||||||
V | 1 | SPN1503 | Studi Implementasi Kebijakan | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM |
2 | SPN1504 | Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Publik | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
3 | SPN1524 | Manajemen Inovasi dan Model-Model Pelayanan | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
4 | SPN1506 | Manajemen Perkantoran | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
5 | SPN1507 | Administrasi Pemerintahan Desa | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
6 | SPN1508 | Manajemen Keuangan Daerah | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
7 | SPN1509 | Teori Pembangunan | 2 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
8 | SPN1405 | Perumusan Kebijakan Publik | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
9 | SPN1407 | Manajemen Pelayanan Publik | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
10 | SPN1519 | Sistem Organisasi Pemerintahan RI | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
11 | SPN1520 | Kebijakan Pembangunan Inklusif | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
12 | SPN1521 | Pengembangan Kelembagaan | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
13 | SPN1522 | Manajemen Aset Daerah | 3 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
14 | SPN1523 | Pemberdayaan Masyarakat | 2 | GASAL | Pilihan | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 40 | ||||||
VI | 1 | SPN1623 | Manajemen Perubahan | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM |
2 | SPN1410 | Akuntansi Publik | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
3 | SPN1604 | Globalisasi dan Isu-isu Kebijakan Publik | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
4 | SPN1605 | Pengembangan Kualitas SDM Aparatur | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
5 | SPN1606 | Manajemen Proyek | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
6 | SPN1607 | Manajemen Badan Usaha Milik Daerah | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
7 | SPN1608 | Perencanaan Pembangunan Daerah | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
8 | SPN1609 | Analisis Data Kualitatif | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
9 | SPN1622 | Perbandingan Administrasi Publik | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
10 | SPN1625 | Analisis Data Kuantitatif | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
11 | SPN1855 | Ekonomi Pembangunan | 2 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
12 | SPN1627 | Budaya Organisasi | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
13 | SPN1628 | Manajemen Kinerja Organisasi Publik | 3 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
14 | SPN1629 | Manajemen Lingkungan dan Kebencanaan | 2 | GENAP | Pilihan | MBKM | |
Jumlah total SKS = | 40 | ||||||
VII | 1 | SPU1714 | Kuliah Kerja Nyata | 3 | GAGE | Fakultas | Non-MBKM |
2 | SPN1744 | Seminar Proposal | 2 | GAGE | Prodi | Non-MBKM | |
Jumlah total SKS = | 5 | ||||||
1 | SPU1824 | Skripsi | 6 | GAGE | Fakultas | Non-MBKM | |
Jumlah total SKS = | 6 |
Evaluasi Kurikulum
Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember melakukan peninjauan kurikulum secara periodik, setiap 2-3 tahun sekali. Peninjauan kurikulum dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu peninjauan komprehensif dan peninjauan parsial. Peninjauan komprehensif dilakukan terhadap keseluruhan kurikulum dan merupakan penyesuaian terhadap perubahan visi dan misi program studi. Peninjauan parsial dilakukan terhadap bagian-bagian tertentu dari mata kuliah sebagai tindak lanjut atas respons mahasiswa atau pihak lain.
Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember melakukan peninjauan kurikulum secara komprehensif mulai tahun 2009, sampai dengan tahun 2011, yang dibingkai dalam serangkaian lokakarya pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Hasil peninjauan tersebut berupa penghapusan dan penggantian beberapa mata kuliah. Tujuan utamanya adalah memberi bekal kepada lulusan agar mendapatkan kompetensi inti, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya yang mendukung kreativitas dan kemandirian lulusan sehingga mampu memenuhi harapan kebutuhan lingkungan.
Proses peninjauan kurikulum secara komprehensif dapat dijelaskan sebagai berikut.
- Program studi mengadakan Studium Generale dengan mengundang para stakeholders yang ada di bekas wilayah Karesidenan Besuki, baik dari pasar input maupun pasar output seperti guru SMA, Bupati Lumajang, Bupati Jember, Sekretaris Daerah Lumajang, Kepala Dinas dan sebagainya. Kegiatan Studium Generale dilaksanakan sedikitnya sekali dalam satu semester selama tiga tahun. Hal ini dilakukan untuk memperoleh input tentang apa yang telah diajarkan di SMA dan pandangan para guru mengenai pendalaman yang diperlukan, serta apa yang diharapkan oleh para pemanfaat lulusan serta persepsi mereka mengenai kompetensi lulusan.
- KPS AN mendiskusikan hasil-hasil lokakarya tersebut dengan para dosen dan pimpinan Fakultas tentang agenda-agenda yang perlu dibahas berkaitan dengan pengembangan kurikulum.
- KPS AN mengadakan seminar tentang perkembangan Paradigma dan Perkembangan Teori Administrasi Negara, dengan memanfaatkan Dosen yang sedang belajar S3 dan akan lulus, sehingga diharapkan memperoleh informasi kemajuan teoritis yang relevan dan up to date.
- KPS AN mengadakan rapat dengan para dosen untuk menetapkan prioritas agenda dan penentuan waktu dan tempat.
- Seluruh dosen AN, baik yang sedang studi S2 maupun S3, terlibat dalam kegiatan dan diskusi lokakarya.
- Dalam mendiskusikan kriteria mata kuliah yang dihapus atau diganti, dosen bebas memberi komentar yang rasional dan konstruktif. Hasilnya adalah teridentifikasinya mata kuliah yang dihapus dan mata kuliah yang diganti.
- Mengidentifikasi mata kuliah pengganti dan deksripsinya, dengan tujuan untuk membangun mata kuliah konsentrasi sebagai kompetensi pendukung bagi lulusan KPS AN.
- Mengadakan sidang pleno untuk menetapkan hasil pengembangan kurikulum dan tahun akademik pemberlakuannya.
Pada tahun 2014 dilakukan peninjauan kurikulum secara parsial sebagai tindak lanjut atas respons para mahasiswa dan pihak terkait, serta respospons atas perkembangan terkini yang terjadi di luar dunia akademik. Misalnya, disahkannya UU No. 6/2014 tentang Desa memberi dorongan kuat untuk memasukkan isi UU tersebut dan aturan pelaksanaannya serta potensi dampak yang ditimbukannya ke dalam materi kuliah Administrasi pemerintahan Daerah dan Administrasi Pemerintahan Daerah. Pada tahun 2016 dilakukan peninjauan kurikulum dengan mengikuti perkembangan hasil-hasil rapat dan keputusan organisasi profesi di bidang Administrasi Negara, yaitu Indonesia Association for Public Administration (IAPA) juga mendorong terjadinya perubahan kurikulum secara parsial pada beberapa mata kuliah, misalnya Metode Penelitian Administrasi (MPA), Etika Administrasi, Teori Organisasi, dan sebagainya.
Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah melakukan re-desain kurikulum di tahun 2021 tepatnya pada tanggal 29 -31 Juli 2021. Beberapa kegiatan yang dilakukan yakni sharing dengan para stakeholder yakni para birokrat, pelaku NGO serta telah melakukan tracer study. Berdasarkan sharing yang telah dilakukan maka profil lulusan Program Studi Administrasi Negara (AN) yang telah di diskusikan pada saat kegiatan antara lain: menjadi policy maker/analys, public manager, social activist, journalist, entrepreneur dan lain-lain. Wadah atau tempat bekerja bagi lulusan Prodi AN yakni birokrasi/pemerintahan, LSM, lembaga donor, perusahaan swasta, media, perguruan tinggi, lembaga penelitian. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk Meskipun saat ini Prodi AN memiliki daftar mata kuliah yang mampu merepresentasikan serta mengakomodasi program MBKM namun masih belumlah lengkap dan belum mencerminkan detail kurikulum berbasis OBE. Rencana selanjutnya yakni melakukan tindak lanjut perbaikan.
Pada bulan Februari tepatnya tanggal 21-23 Februari tahun 2022 Program Studi Administrasi Negara Kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Luaran (Outcome Based Education/OBE). Workashop ini diawali dengan pemaparan dari para stakeholder (dalam hal ini Pemerintah Daerah dan NGO) terkait dengan kompetensi lulusan yang diperlukan oleh dunia-usaha dan dunia industry (DUDI) program studi Administrasi Negara. Tujuan utama kegiatan ini adalah meninjau kembali visi misi, tujuan serta profil lulusan program studi Administrasi Negara sehingga tercipta desain kurikulum utuh yang berbasis pada luaran.
Kalender Akademik
KEMAHASISWAAN
DOWNLOAD AREA
Tracer Study
Studi pelacakan (trecer study) dilakukan dengan mengacu pada lulusan dari program studi Administrasi Negara. Kegiatan trecer study dilakukan dengan acak dan melibatkan para stakeholder dan alumni. Metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan dengan bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini diuraikan sebagai berikut, studi pelacakaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi kinerja oleh pihak pengguna menggunakan metode tidak langsung dan langsung. Untuk metode tidak langsung (pasif) dilakukan dengan menghubungi alumni yakni dengan menggunakan media komunikasi telepon maupun media sosial, alumni dihimbau untuk melengkapi data yang disebarluaskan melalui google doc yang telah tersambungkan melalui media sosial seperti email, facebook, whatsapp, instagram ataupun melalui jaringan alumni. Media sosial tersebut diantaranya sebagai berikut.
- Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Universitas Jember, setiap tahun melalui aplikasi https://sister.unej.ac.id/alumni.
- Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Universitas Jember, setiap empat (4) melalui aplikasi www.alumni.unej.ac.id 3. Tracer Study dilaksanakan oleh Program Studi Admnistrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Jember , https://docs.google.com/forms/d/e/1FAlpQLSdButtkEVaCv0sj_Md2P8YBLRi 6k-qzoZDlvxOJhl8Ux54kJw/viewform?usp=sf_link
- Facebook Reuni Akbar FISIP UNEJ semua angkatan
- Grup Whatsapp Alumni FISIP Unej semua angkatan
Hasil Pelacakan alumni digunakan untuk perbaikan:
- Proses Pembelajaran. Hasil pelacakan menunjukkan bahwa alumni Program Studi Administrasi negara memiliki kelebihan dalam Integritas (etika dan moral), penggunaan Teknologi Informasi, Bahasa Inggris dan Kerjasama Tim. Berdasarkan data ini maka Program Studi Administrasi Negara menindaklanjuti dengan kebijakan (a) menetapkan kompetensi lulusan yang didalamnya mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dengan tes TOEFL; (b) peningkatan integritas (etika dan moral) dilakukan dengan mengintegrasikan dalam kurikulum, juga disampaikan oleh tiap dosen selama proses belajar mengajar; (c) penggunaan Teknologi Informasi dilakukan dengan pendayagunaan atau optimalisasi kualitas dan kapasitas melalui mata kuliah tertentu, meningkatkan interaksi konsultasi melalui SISTER dan meningkatkan kapasitas Hotspot; (d) peningkatan kemampuan kerjasama tim dilakukan melalui metode pembelajaran yang berbasis Student Centre Learning (SCL), Case Method maupun Project Based Learning.
- Informasi Lowongan Kerja. Data tracer study digunakan sebagai data base yang berfungsi untuk mengukur daya serap alumni di pasar kerja dan sebagai sumbner informasi pasar kerja bagi lulusan. Data hasil pelacakan tersebut adalah data tentang profesi alumni, penyebaran lokasi dan bidang pekerjaan.
- Jejaring. Data alumni yang lengkap dapat membuka jalan bagi komunikasi yang intensif yang merupakan prasyarat untuk pembangunan jejaring kerjasama dengan instansi tempat alumni itu bekerja dengan almamater.