Tracer Study 

Studi pelacakan (trecer study) dilakukan dengan mengacu pada lulusan dari  program studi Administrasi Negara. Kegiatan trecer study dilakukan dengan acak  dan melibatkan para stakeholder dan alumni. Metode, proses dan mekanisme kegiatan  studi pelacakan dengan bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini diuraikan sebagai  berikut, studi pelacakaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi kinerja  oleh pihak pengguna menggunakan metode tidak langsung dan langsung. Untuk metode tidak langsung (pasif) dilakukan dengan menghubungi alumni yakni dengan  menggunakan media komunikasi telepon maupun media sosial, alumni dihimbau  untuk melengkapi data yang disebarluaskan melalui google doc yang telah  tersambungkan melalui media sosial seperti email, facebook, whatsapp, instagram  ataupun melalui jaringan alumni. Media sosial tersebut diantaranya sebagai berikut. 

  1. Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan  Universitas Jember, setiap tahun melalui aplikasi  https://sister.unej.ac.id/alumni
  2. Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan  Universitas Jember, setiap empat (4) melalui aplikasi www.alumni.unej.ac.id 3. Tracer Study dilaksanakan oleh Program Studi Admnistrasi Negara Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Jember ,  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAlpQLSdButtkEVaCv0sj_Md2P8YBLRi 6k-qzoZDlvxOJhl8Ux54kJw/viewform?usp=sf_link
  3. Facebook Reuni Akbar FISIP UNEJ semua angkatan 
  4. Grup Whatsapp Alumni FISIP Unej semua angkatan 

Hasil Pelacakan alumni digunakan untuk perbaikan: 

  1. Proses Pembelajaran. Hasil pelacakan menunjukkan bahwa alumni Program  Studi Administrasi negara memiliki kelebihan dalam Integritas (etika dan  moral), penggunaan Teknologi Informasi, Bahasa Inggris dan Kerjasama Tim. Berdasarkan data ini maka Program Studi Administrasi Negara menindaklanjuti  dengan kebijakan (a) menetapkan kompetensi lulusan yang didalamnya  mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dengan tes TOEFL; (b) peningkatan  integritas (etika dan moral) dilakukan dengan mengintegrasikan dalam  kurikulum, juga disampaikan oleh tiap dosen selama proses belajar mengajar;  (c) penggunaan Teknologi Informasi dilakukan dengan pendayagunaan atau  optimalisasi kualitas dan kapasitas melalui mata kuliah tertentu, meningkatkan  interaksi konsultasi melalui SISTER dan meningkatkan kapasitas Hotspot; (d)  peningkatan kemampuan kerjasama tim dilakukan melalui metode pembelajaran yang berbasis Student Centre Learning (SCL), Case Method maupun Project  Based Learning
  1. Informasi Lowongan Kerja. Data tracer study digunakan sebagai data base yang  berfungsi untuk mengukur daya serap alumni di pasar kerja dan sebagai sumbner  informasi pasar kerja bagi lulusan. Data hasil pelacakan tersebut adalah data  tentang profesi alumni, penyebaran lokasi dan bidang pekerjaan. 
  2. Jejaring. Data alumni yang lengkap dapat membuka jalan bagi komunikasi yang  intensif yang merupakan prasyarat untuk pembangunan jejaring kerjasama  dengan instansi tempat alumni itu bekerja dengan almamater.