Selamat Datang di

Program Studi

 

Administrasi Negara

Lets Join Us

PROFIL PROGRAM STUDI

Visi Program Studi

“Dalam waktu 10 tahun berhasil menjadi institusi pendidikan yang  mampu menghasilkan sarjana ilmu administrasi negara khususnya pada kajian tata  kelola urusan publik daerah (local public affairs governance) yang berkarakter,  berwawasan lingkungan, serta unggul pada tataran lokal, regional, dan global.” 

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan sarjana ilmu administrasi  negara yang tunduk dan patuh pada kekuasaan Sang Maha Pencipta, menjunjung  tinggi norma agama, cinta tanah air, profesional, berkearifan lokal, analitis,  inovatif, kreatif, mandiri, memiliki integritas keilmuan, beretika digital mindset,  adaptif, kolaboratif, komunikatif, inklusif, sadar lingkungan, sadar HAM, dan antikorupsi dalam menjalankan tata kelola urusan publik daerah (local public  affairs governance). .
  2. Mengembangkan budaya akademik yang kokoh dan terintegrasi ke dalam  Kelompok Riset untuk mendukung penelitian bidang ilmu administrasi negara  khususnya pada kajian tata kelola urusan publik daerah (local public affairs  governance).
  3. Meningkatkan kebermanfaatan hasil penelitian dan keilmuan melalui pengabdian  masyarakat yang terintegrasi ke dalam Keris-DiMas di bidang ilmu administrasi  negara khususnya pada kajian tata kelola urusan publik daerah (local public  affairs governance). 
  4. Mengoptimalkan kapasitas bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada  masyarakat melalui pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai mitra  strategis di tingkat lokal, regional, maupun internasional. 

Tujuan Program Studi

1.  TP1

Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan karakter bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,cinta tanah air, profesional, berkearifan lokal, analitis, inovatif, kreatif, mandiri, memiliki integritas keilmuan, beretika, digital mindset, adaptif, kolaboratif, komunikatif, inklusif sadar lingkungan, sadar HAM, antikorupsi.

2.  TP2

Terciptanya sarjana yang unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu administrasi negara khususnya yang terkait dengan tata kelola urusan publik daerah (local public affairs governance) pada lingkup lokal,
regional, maupun internasional.

3 . TP3

Terciptanya sarjana bidang ilmu administrasi negara yang memiliki kapasitas untuk berkarya secara baik dan benar di berbagai lapangan kerja yang relevan.

4 . TP4

Terciptanya sarjana bidang ilmu administrasi negara yang memiliki kapasitas untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya dalam bidang ilmu yang sesuai.

DOSEN PENGAJAR

Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D.
Dr. Sutomo, M.Si.
Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.
Dr. Dina Suryawati, S.Sos., M.AP.
Tree Setiawan Pamungkas, S.AP.,M.PA.
Drs. Agus Suharsono, M.Si.
Drs. Anwar. M.Si.
Hermanto Rohman, S.Sos., M.PA.
Abul Haris Suryo Negoro, S.IP.,M.Si.
Dr. Suji, S.Sos., M.Si.
Nian Riawati, S.Sos.,M.PA.
Drs. Boedijono, M.Si.
Muhammad Hadi Makmur, S.Sos., M.AP.
Sukron Makmun, S.Sos., M.Si.

DAFTAR NAMA DAN NOMOR HP/WA  DAN NIDN DOSEN PRODI. AN

 

No Nama NIP.

Kode

Dosen

NIDN Alamat Email No. HP Jabatan
1 Drs. Boedijono, M.Si 196103311989021001 09082 0031036102 budimbahman@yahoo.com 081234553588 Penata/ III.c  Lektor
2 Dr. Anastasia Murdyastuti, M.Si 195805101987022001 09065 0010055812 a_murdyastuti@yahoo.com 081358707044 Pembina/ IV.b Lektor Kepala
3 Drs. Anwar, M.Si 196306061988021001 09074 0006066309 arifanwar51@yahoo.com 081336502709 Penata/ III.c  Lektor

 

4

 

Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D

 

196102131988021001

 

09080

 

0013026104

moeroe.supranoto@gmail.com

 

085236199745

 

Pembina/ IV.a Lektor Kepala

supranoto.fisip@unej.ac.id
5 Dr. Sutomo, M.Si 196503211991031003 09098 0021036504 sutomo.fisip@unej.ac.id 082143409968 Penata/ III.c Asisten Ahli
6 Drs. Agus Suharsono, M.Si 196308141989031023 09092 0014086309 agussuharsono21@yahoo.co.id 0816528281 Pembina/ IV.a Lektor Kepala
7 Dr. Selfi Budi H, M.Si 197003221995122001 09106 0022037007 selfi_budi_helpiastuti@yahoo.com 081559667337 Penata/ III.c Lektor
8 Dr. Suji,S.Sos, M.Si 197006152008121000 09133 0015067008 suji42@gmail.com 082332622749 Penata/ III.c  Lektor

 

9

 

Dr. Dina Suryawati, S.Sos, M.AP

 

198009172005012001

 

09122

 

0017098004

 

dinasuryawati@ymail.com

 

 

Penata/ III.c  Lektor

081515364972
10 Hermanto Rohman, S.Sos, MPA 197903032005011001 09125 0003037905 rohman.hermanto@yahoo.com 081336571593 Penata Muda/ III.a Asisten Ahli
11 M. Hadi Makmur, S.Sos, M.AP 197410072000121001 09115 0007107402 makmur.unej@gmail.com 081336295741 Penata/ III.c Lektor
12 Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., MPA 199010032015041001 09591 0003109001 tree.sp.fisip@unej.ac.id 085740550096 Penata/ III.b Asisten Ahli
13 Nian Riawati S.Sos., MPA ( Studi Lanjut ) 198506092015042002 09592 0509068501 nian.fisip@unej.ac.id 085258590410 Penata Muda TK.I/III.b Ass. Ahli
14 Abul Haris Suryo Negoro, S.IP, M.Si 198210292015041001 09593 0029108203 haris.fisip@unej.ac.id 081358009358 Penata/ III.c. Lektor
15 Sukron Makmun S.Sos.,M.Si. 198902102022031004     makmunjaya@unej.ac.id 081336902997 Penata Muda TK.I / III.b

 

Angket Visi Keilmuan

Struktur Organisasi

Pengelola Prodi

AKADEMIK

Kurikulum Program Studi

SMT NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS DITAWARKAN MBKM
1 MPK9006 Pendidikan Kewarganegaraan 2 Nasional GAGE Non-MBKM
2 MPK9007 Bahasa Indonesia 2 Nasional GAGE Non-MBKM
3 UNU9004 Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Etika Akademik 2 Universitas GAGE Non-MBKM
4 UNU9007 Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan 2 Universitas GAGE Non-MBKM
I 5 SPN1101 Teori-teori Sosial 3 Prodi GASAL MBKM
6 SPN1102 Teori-teori Politik 3 Prodi GASAL MBKM
7 SPN1201 Pengantar Ilmu Administrasi Publik 3 Prodi GASAL MBKM
8 SPN1203 Azas-Azas Manajemen 3 Prodi GASAL MBKM
Jumlah total SKS = 20
1 MPK9001 Pendidikan Agama 2 Nasional GAGE Non-MBKM
2 UNU9001 Pendidikan Pancasila 2 Nasional GAGE Non-MBKM
3 SPN1303 Hukum Administrasi Negara 3 Prodi GENAP MBKM
4 SPN1209 Teori Organisasi 3 Prodi GENAP MBKM
II 5 SPN1401 Sistem Administrasi Negara 3 Prodi GENAP MBKM
6 SPN1211 Manajemen Sumber Daya Manusia  Sektor Publik 3 Prodi GENAP MBKM
7 SPN1621 Administrasi Pembangunan 3 Prodi GENAP MBKM
8 SPN1411 Sistem Informasi Manajemen 3 Prodi GENAP MBKM
9 SPN1301 Kepemimpinan Administrasi 3 Prodi GENAP MBKM
Jumlah total SKS = 25
III 1 SPN1302 Manajemen Publik 3 Prodi GASAL MBKM
2 SPN1304 Isu dan Kebijakan Otoda 3 Prodi GASAL MBKM
3 SPN1308 Kebijakan Publik 3 Prodi GASAL MBKM
4 SPN1310 Pengambilan Keputusan 3 Prodi GASAL MBKM
5 SPN1311 Keuangan Negara 3 Prodi GASAL MBKM
6 SPN1312 Komunikasi dan Advokasi Kebijakan 3 Prodi GASAL MBKM
7 SPN1313 Governansi Digital 3 Prodi GASAL MBKM
8 SPN1314 Birokrasi dan Governansi Publik 3 Prodi GASAL MBKM
Jumlah total SKS = 24
IV 1 SPU1323 Metodologi Penelitian 3 GAGE Fakultas MBKM
2 SPN1517 Metode Penelitian Administrasi 3 GENAP Prodi MBKM
3 SPN1701 Ekonomi Politik 3 GENAP Prodi MBKM
4 SPN1414 Administrasi Pemerintahan Daerah 3 GENAP Prodi MBKM
5 SPN1415 Etika Administrasi Publik 3 GENAP Prodi MBKM
6 SPN1619 Perilaku Organisasi 3 GENAP Prodi MBKM
7 SPN1417 Analisis Kebijakan 3 GENAP Prodi MBKM
8 SPN1501 Perencanaan Pembangunan 3 GENAP Prodi MBKM
Jumlah total SKS = 24
V 1 SPN1503 Studi Implementasi Kebijakan 3 GASAL Pilihan MBKM
2 SPN1504 Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Publik 3 GASAL Pilihan MBKM
3 SPN1524 Manajemen Inovasi dan Model-Model Pelayanan 3 GASAL Pilihan MBKM
4 SPN1506 Manajemen Perkantoran 3 GASAL Pilihan MBKM
5 SPN1507 Administrasi Pemerintahan Desa 3 GASAL Pilihan MBKM
6 SPN1508 Manajemen Keuangan Daerah 3 GASAL Pilihan MBKM
7 SPN1509 Teori Pembangunan 2 GASAL Pilihan MBKM
8 SPN1405 Perumusan Kebijakan Publik 3 GASAL Pilihan MBKM
9 SPN1407 Manajemen Pelayanan Publik 3 GASAL Pilihan MBKM
10 SPN1519 Sistem Organisasi Pemerintahan RI 3 GASAL Pilihan MBKM
11 SPN1520 Kebijakan Pembangunan Inklusif 3 GASAL Pilihan MBKM
12 SPN1521 Pengembangan Kelembagaan 3 GASAL Pilihan MBKM
13 SPN1522 Manajemen Aset Daerah 3 GASAL Pilihan MBKM
14 SPN1523 Pemberdayaan Masyarakat 2 GASAL Pilihan MBKM
Jumlah total SKS = 40
VI 1 SPN1623 Manajemen Perubahan 3 GENAP Pilihan MBKM
2 SPN1410 Akuntansi Publik 3 GENAP Pilihan MBKM
3 SPN1604 Globalisasi dan Isu-isu Kebijakan Publik 3 GENAP Pilihan MBKM
4 SPN1605 Pengembangan Kualitas SDM Aparatur 3 GENAP Pilihan MBKM
5 SPN1606 Manajemen Proyek 3 GENAP Pilihan MBKM
6 SPN1607 Manajemen Badan Usaha Milik Daerah 3 GENAP Pilihan MBKM
7 SPN1608 Perencanaan Pembangunan Daerah 3 GENAP Pilihan MBKM
8 SPN1609 Analisis Data Kualitatif 3 GENAP Pilihan MBKM
9 SPN1622 Perbandingan Administrasi Publik 3 GENAP Pilihan MBKM
10 SPN1625 Analisis Data Kuantitatif 3 GENAP Pilihan MBKM
11 SPN1855 Ekonomi Pembangunan 2 GENAP Pilihan MBKM
12 SPN1627 Budaya Organisasi 3 GENAP Pilihan MBKM
13 SPN1628 Manajemen Kinerja Organisasi Publik 3 GENAP Pilihan MBKM
14 SPN1629 Manajemen Lingkungan dan Kebencanaan 2 GENAP Pilihan MBKM
Jumlah total SKS = 40
VII 1 SPU1714 Kuliah Kerja Nyata 3 GAGE Fakultas Non-MBKM
2 SPN1744 Seminar Proposal 2 GAGE Prodi Non-MBKM
Jumlah total SKS = 5
1 SPU1824 Skripsi 6 GAGE Fakultas Non-MBKM
Jumlah total SKS = 6

Evaluasi Kurikulum

Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Jember melakukan peninjauan kurikulum secara periodik, setiap 2-3 tahun  sekali. Peninjauan kurikulum dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu peninjauan  komprehensif dan peninjauan parsial. Peninjauan komprehensif dilakukan terhadap  keseluruhan kurikulum dan merupakan penyesuaian terhadap perubahan visi dan misi  program studi. Peninjauan parsial dilakukan terhadap bagian-bagian tertentu dari mata  kuliah sebagai tindak lanjut atas respons mahasiswa atau pihak lain. 

Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Jember melakukan peninjauan kurikulum secara komprehensif mulai  tahun 2009, sampai dengan tahun 2011, yang dibingkai dalam serangkaian lokakarya  pengembangan kurikulum Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu  Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Hasil peninjauan tersebut berupa  penghapusan dan penggantian beberapa mata kuliah. Tujuan utamanya adalah  memberi bekal kepada lulusan agar mendapatkan kompetensi inti, kompetensi  pendukung dan kompetensi lainnya yang mendukung kreativitas dan kemandirian  lulusan sehingga mampu memenuhi harapan kebutuhan lingkungan. 

Proses peninjauan kurikulum secara komprehensif dapat dijelaskan sebagai  berikut. 

  1. Program studi mengadakan Studium Generale dengan mengundang para  stakeholders yang ada di bekas wilayah Karesidenan Besuki, baik dari pasar input  maupun pasar output seperti guru SMA, Bupati Lumajang, Bupati Jember,  Sekretaris Daerah Lumajang, Kepala Dinas dan sebagainya. Kegiatan Studium  Generale dilaksanakan sedikitnya sekali dalam satu semester selama tiga tahun. Hal ini dilakukan untuk memperoleh input tentang apa yang telah diajarkan di SMA dan  pandangan para guru mengenai pendalaman yang diperlukan, serta apa yang  diharapkan oleh para pemanfaat lulusan serta persepsi mereka mengenai kompetensi  lulusan. 
  1. KPS AN mendiskusikan hasil-hasil lokakarya tersebut dengan para dosen dan  pimpinan Fakultas tentang agenda-agenda yang perlu dibahas berkaitan dengan  pengembangan kurikulum. 
  2. KPS AN mengadakan seminar tentang perkembangan Paradigma dan Perkembangan  Teori Administrasi Negara, dengan memanfaatkan Dosen yang   sedang belajar S3 dan  akan lulus, sehingga diharapkan memperoleh informasi kemajuan teoritis yang  relevan dan up to date
  3. KPS AN mengadakan rapat dengan para dosen untuk menetapkan prioritas agenda  dan penentuan waktu dan tempat. 
  4. Seluruh dosen AN, baik yang sedang studi S2 maupun S3, terlibat dalam kegiatan  dan diskusi lokakarya. 
  5. Dalam mendiskusikan kriteria mata kuliah yang dihapus atau diganti, dosen bebas  memberi komentar yang rasional dan konstruktif. Hasilnya adalah teridentifikasinya  mata kuliah yang dihapus dan mata kuliah yang diganti. 
  6. Mengidentifikasi mata kuliah pengganti dan deksripsinya, dengan tujuan untuk  membangun mata kuliah konsentrasi sebagai kompetensi pendukung bagi lulusan  KPS AN. 
  7. Mengadakan sidang pleno untuk menetapkan hasil pengembangan kurikulum dan  tahun akademik pemberlakuannya. 

Pada tahun 2014 dilakukan peninjauan kurikulum secara parsial sebagai tindak  lanjut atas respons para mahasiswa dan pihak terkait, serta respospons atas  perkembangan terkini yang terjadi di luar dunia akademik. Misalnya, disahkannya UU  No. 6/2014 tentang Desa memberi dorongan kuat untuk memasukkan isi UU tersebut  dan aturan pelaksanaannya serta potensi dampak yang ditimbukannya ke dalam materi  kuliah Administrasi pemerintahan Daerah dan Administrasi Pemerintahan Daerah.  Pada tahun 2016 dilakukan peninjauan kurikulum dengan mengikuti perkembangan  hasil-hasil rapat dan keputusan organisasi profesi di bidang Administrasi Negara, yaitu Indonesia Association for Public Administration (IAPA) juga mendorong terjadinya  perubahan kurikulum secara parsial pada beberapa mata kuliah, misalnya Metode  Penelitian Administrasi (MPA), Etika Administrasi, Teori Organisasi, dan sebagainya. 

Program Studi Ilmu Administrasi Negara telah melakukan re-desain kurikulum di  tahun 2021 tepatnya pada tanggal 29 -31 Juli 2021. Beberapa kegiatan yang dilakukan  yakni sharing dengan para stakeholder yakni para birokrat, pelaku NGO serta telah  melakukan tracer study. Berdasarkan sharing yang telah dilakukan maka profil lulusan  Program Studi Administrasi Negara (AN) yang telah di diskusikan pada saat  kegiatan antara lain: menjadi policy maker/analys, public manager, social activist,  journalist, entrepreneur dan lain-lain. Wadah atau tempat bekerja bagi lulusan Prodi  AN yakni birokrasi/pemerintahan, LSM, lembaga donor, perusahaan swasta, media,  perguruan tinggi, lembaga penelitian. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah  untuk Meskipun saat ini Prodi AN memiliki daftar mata kuliah yang mampu  merepresentasikan serta mengakomodasi program MBKM namun masih belumlah  lengkap dan belum mencerminkan detail kurikulum berbasis OBE. Rencana  selanjutnya yakni melakukan tindak lanjut perbaikan. 

Pada bulan Februari tepatnya tanggal 21-23 Februari tahun 2022 Program Studi  Administrasi Negara Kembali menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum  Berbasis Luaran (Outcome Based Education/OBE). Workashop ini diawali dengan  pemaparan dari para stakeholder (dalam hal ini Pemerintah Daerah dan NGO) terkait  dengan kompetensi lulusan yang diperlukan oleh dunia-usaha dan dunia industry  (DUDI) program studi Administrasi Negara. Tujuan utama kegiatan ini adalah  meninjau kembali visi misi, tujuan serta profil lulusan program studi Administrasi  Negara sehingga tercipta desain kurikulum utuh yang berbasis pada luaran. 

Kalender Akademik

Penerimaan Mahasiswa Baru

Your content goes here. Edit or remove this text inline or in the module Content settings. You can also style every aspect of this content in the module Design settings and even apply custom CSS to this text in the module Advanced settings.

Fasilitas

Your content goes here. Edit or remove this text inline or in the module Content settings. You can also style every aspect of this content in the module Design settings and even apply custom CSS to this text in the module Advanced settings.

Kerja Sama

Your content goes here. Edit or remove this text inline or in the module Content settings. You can also style every aspect of this content in the module Design settings and even apply custom CSS to this text in the module Advanced settings.

Angket Visi Keilmuan

 

 

 

SSO/ E-Learning

Info Akademik

 

 

 

Pojok Skripsi/ Tugas Akhir

Daftar Silabus

 

 

 

Bahan Ajar

 

 

KEMAHASISWAAN

Prestasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa

Kepuasan Mahasiswa

DOWNLOAD AREA

Tracer Study

 

Studi pelacakan (trecer study) dilakukan dengan mengacu pada lulusan dari  program studi Administrasi Negara. Kegiatan trecer study dilakukan dengan acak  dan melibatkan para stakeholder dan alumni. Metode, proses dan mekanisme kegiatan  studi pelacakan dengan bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini diuraikan sebagai  berikut, studi pelacakaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi kinerja  oleh pihak pengguna menggunakan metode tidak langsung dan langsung. Untuk metode tidak langsung (pasif) dilakukan dengan menghubungi alumni yakni dengan  menggunakan media komunikasi telepon maupun media sosial, alumni dihimbau  untuk melengkapi data yang disebarluaskan melalui google doc yang telah  tersambungkan melalui media sosial seperti email, facebook, whatsapp, instagram  ataupun melalui jaringan alumni. Media sosial tersebut diantaranya sebagai berikut. 

  1. Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan  Universitas Jember, setiap tahun melalui aplikasi  https://sister.unej.ac.id/alumni
  2. Tracer Study dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan  Universitas Jember, setiap empat (4) melalui aplikasi www.alumni.unej.ac.id 3. Tracer Study dilaksanakan oleh Program Studi Admnistrasi Negara Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Universitas Jember ,  https://docs.google.com/forms/d/e/1FAlpQLSdButtkEVaCv0sj_Md2P8YBLRi 6k-qzoZDlvxOJhl8Ux54kJw/viewform?usp=sf_link
  3. Facebook Reuni Akbar FISIP UNEJ semua angkatan 
  4. Grup Whatsapp Alumni FISIP Unej semua angkatan 

Hasil Pelacakan alumni digunakan untuk perbaikan: 

  1. Proses Pembelajaran. Hasil pelacakan menunjukkan bahwa alumni Program  Studi Administrasi negara memiliki kelebihan dalam Integritas (etika dan  moral), penggunaan Teknologi Informasi, Bahasa Inggris dan Kerjasama Tim. Berdasarkan data ini maka Program Studi Administrasi Negara menindaklanjuti  dengan kebijakan (a) menetapkan kompetensi lulusan yang didalamnya  mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dengan tes TOEFL; (b) peningkatan  integritas (etika dan moral) dilakukan dengan mengintegrasikan dalam  kurikulum, juga disampaikan oleh tiap dosen selama proses belajar mengajar;  (c) penggunaan Teknologi Informasi dilakukan dengan pendayagunaan atau  optimalisasi kualitas dan kapasitas melalui mata kuliah tertentu, meningkatkan  interaksi konsultasi melalui SISTER dan meningkatkan kapasitas Hotspot; (d)  peningkatan kemampuan kerjasama tim dilakukan melalui metode pembelajaran yang berbasis Student Centre Learning (SCL), Case Method maupun Project  Based Learning
  1. Informasi Lowongan Kerja. Data tracer study digunakan sebagai data base yang  berfungsi untuk mengukur daya serap alumni di pasar kerja dan sebagai sumbner  informasi pasar kerja bagi lulusan. Data hasil pelacakan tersebut adalah data  tentang profesi alumni, penyebaran lokasi dan bidang pekerjaan. 
  2. Jejaring. Data alumni yang lengkap dapat membuka jalan bagi komunikasi yang  intensif yang merupakan prasyarat untuk pembangunan jejaring kerjasama  dengan instansi tempat alumni itu bekerja dengan almamater. 

Layanan Akademik

Layanan Daftar Yudisium dan Wisuda
Surat Keterangan Aktif Kuliah
Surat Permohonan Magang Mandiri
Surat Permohonan Izin Kegiatan
Surat Keterangan Pendamping Ijazah
Surat Permohonan Sertifikat Pendamping
Surat Permohonan Izin Kegiatan
Surat Permohonan Ujian Tesis
Surat Permohonan Ujian Tesis
Surat Permohonan Ujian Tesis

Testimoni Koordinator Program Studi

"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Donec sed finibus nisi, sed dictum eros."

Igor Landry

  • ★★★★★

"Quisque aliquet velit sit amet sem interdum faucibus. In feugiat aliquet mollis etiam tincidunt ligula."

Saif Guerra

  • ★★★★★

"Nisl massa, ultrices vitae ornare sit amet, ultricies eget orci. Sed vitae nulla et justo pellentesque congue nec eu risus."

Renesmee Thomas

  • ★★★★★