Benchmarking adalah proses membandingkan produk, layanan, atau praktik bisnis suatu organisasi dengan yang terbaik di industri atau dunia. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan meningkatkan kinerja.

Dalam konteks Indonesia, benchmarking dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Peningkatan kualitas: Membandingkan kualitas produk atau layanan dengan standar internasional.
  • Efisiensi operasional: Mengidentifikasi praktik terbaik untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.
  • Inovasi: Menemukan ide-ide baru dan kreatif dari organisasi lain.
  • Peningkatan kepuasan pelanggan: Membandingkan tingkat kepuasan pelanggan dengan pesaing.

Dalam kesempatan ini, Selasa 3 September 2024, Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Lambung Mangkurat melakukan Benchmarking kepada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember. Bertempat di Ruang Internasional FISIP Universitas Jember, rombongan dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang dipimpin oleh Dekan FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Budi Suryadi, S.Sos., M.Si., Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis, Nurul Wahyuni, S.Sos., M.AB., Sekretaris Program Studi, Noor Hidayati, S.Sos., M.AB., Dosen Program Studi yaitu Dr. Maryono, S.Sos., M.Si., dan Rizki Muslim Hidayati, S.AB., M.M. 

Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh Dekan FISIP Universitas Jember, Dr. Djoko Poernomo, M.Si., CIQnR., CSBA., dan Wakil Dekan 3, Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M., Koordinator Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Dr. Hari Karyadi, dan seluruh dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dalam kesempatan tersebut, telah dibicarakan beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan dalam benchmarking ini:

Tujuan Benchmarking

  • Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan: Memahami di mana masing-masing prodi unggul dan di mana perlu perbaikan.
  • Belajar dari Terbaik: Mengadopsi praktik terbaik dari prodi lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Menentukan Arah Pengembangan: Menetapkan tujuan dan strategi pengembangan prodi di masa depan.

Aspek yang Dibandingkan

1. Kurikulum:

  • Relevansi dengan Dunia Kerja: Seberapa relevan mata kuliah dengan kebutuhan industri?
  • Inovasi Kurikulum: Adanya mata kuliah baru atau pembaruan kurikulum untuk mengikuti perkembangan bisnis.
  • Keterlibatan Dunia Usaha: Seberapa sering melibatkan praktisi bisnis dalam proses pembelajaran.
  • Ketersediaan Mata Kuliah Pilihan: Variasi mata kuliah pilihan yang ditawarkan.

2. Sumber Daya:

  • Dosen: Kualifikasi, pengalaman, dan jumlah dosen.
  • Fasilitas: Perpustakaan, laboratorium komputer, ruang kelas, dan fasilitas pendukung lainnya.
  • Anggaran: Besarnya anggaran yang dialokasikan untuk program studi.

3. Mahasiswa:

  • Profil Mahasiswa: Latar belakang akademik, minat, dan motivasi mahasiswa.
  • Prestasi Mahasiswa: Prestasi akademik, non-akademik, dan tingkat kelulusan.
  • Keterlibatan Mahasiswa: Tingkat partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik.

4. Penelitian:

  • Produktivitas Penelitian: Jumlah publikasi ilmiah, grant yang diperoleh, dan hilirisasi penelitian.
  • Relevansi Penelitian: Seberapa relevan topik penelitian dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  • Kolaborasi Penelitian: Kerjasama dengan institusi lain dalam melakukan penelitian.

5. Pengabdian Masyarakat:

  • Jenis Pengabdian: Jenis kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.
  • Sasaran Pengabdian: Kelompok masyarakat yang menjadi sasaran pengabdian.
  • Dampak Pengabdian: Dampak kegiatan pengabdian terhadap masyarakat.

6. Kerja Sama:

  • Kerja Sama dengan Dunia Usaha: Kerjasama dengan perusahaan untuk magang, proyek bersama, atau pengembangan kurikulum.
  • Kerja Sama dengan Institusi Lain: Kerjasama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga pemerintah.
  • Kerja Sama Internasional: Kerjasama dengan perguruan tinggi atau lembaga di luar negeri.

7. Sistem Penjaminan Mutu:

  • Proses Akreditasi: Proses dan hasil akreditasi program studi.
  • Evaluasi Diri: Mekanisme evaluasi diri yang dilakukan secara berkala.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Upaya untuk terus meningkatkan kualitas program studi.

Format Presentasi

  • Pendahuluan: Tujuan benchmarking, profil singkat kedua prodi.
  • Pembahasan: Perbandingan masing-masing aspek yang telah ditentukan.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi: Kesimpulan umum dari hasil benchmarking dan rekomendasi untuk perbaikan.

Saran Tambahan

  • Involvkan Mahasiswa dan Dosen: Libatkan mahasiswa dan dosen dalam proses benchmarking untuk mendapatkan masukan yang lebih komprehensif.
  • Buat Laporan Tertulis: Susun laporan tertulis yang detail sebagai bahan evaluasi dan pengembangan program studi di masa mendatang.
  • Lakukan Tindak Lanjut: Implementasikan rekomendasi yang dihasilkan dari benchmarking secara konsisten.

Bersama BRIN, Prodi Ilmu HI FISIP UNEJ Selenggarakan Kuliah Umum Bertajuk Eksplorasi Luar Angkasa

Jember - 26 November 2025, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember menyelenggarakan kuliah umum sebagai sarana pembelajaran dan memperluas wawasan akademik mahasiswa di luar kelas perkuliahan. Pada...

Fun Bike Meriahkan Dies Natalis ke-61 Unej, Ajak Seluruh Dosen dan Tendik Bersepeda Santai

Suasana meriah dan penuh semangat menyelimuti Kampus Tegal Boto pagi ini, Minggu (23/11). Universitas Jember (Unej) menggelar acara Fun Bike massal dalam rangka memperingati Dies Natalisnya yang ke-61. Acara ini secara khusus dirancang untuk mempererat tali...

Mantapkan Visi “FISIP Unggul”, FISIP Universitas Jember Gelar Workshop Penguatan Kapasitas

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember menggelar "Workshop Penguatan Kapasitas Program Studi Menuju FISIP Unggul" pada 15-16 Nopember 2025. Kegiatan ini dipusatkan di Kampus Vokasi Jubung, yang dipilih untuk menciptakan suasana fokus dalam...

Adaptasi Tren Pariwisata, D3 Usaha Perjalanan Wisata FISIP Unej Gelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum

Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Jember, menyelenggarakan kegiatan Workshop Kurikulum yang berlangsung secara intensif selama empat hari. Kegiatan strategis ini digelar di Ruang Internasional...

Puncak Dies Natalis ke-61 FISIP: Tasyakuran Khidmat Mempererat Tali Silahturahmi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember menggelar puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-61 pada hari Senin, 10 November 2025. Acara yang berpusat di Ruang 109 tersebut mengambil bentuk tasyakuran sebagai ungkapan rasa syukur atas...

Suarakan Lawan Kekerasan Seksual, BEM FISIP Unej Gelar Lomba Orasi di BAKAR MAFIS 2.0

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan bakat mahasiswa sekaligus mengkampanyekan isu sosial krusial. Melalui kegiatan BAKAR MAFIS 2.0 (Bakat Berkarya...

Perkuat Kualitas Vokasi, Dekan FISIP Buka Workshop Penyusunan Kurikulum D3 Perpajakan

Program Studi D3 Perpajakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Jember mengambil langkah strategis untuk meningkatkan relevansi lulusannya dengan dunia kerja. Hal ini diwujudkan melalui penyelenggaraan "Workshop Penyusunan Kurikulum Program...

Perkuat Peran Mahasiswa, Dekan FISIP Unej Buka Kegiatan “Critical Youth for Democracy”

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) kembali menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi muda yang melek politik. Pada tanggal 5 November 2025, Dekan FISIP Universitas Jember secara resmi membuka kegiatan bertajuk "Critical Youth...

Wujudkan Tata Kelola Unggul: FISIP UNEJ Sertifikasi Profesi Staf Kependidikan Melalui LSP Kredibel

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ) menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan menyelenggarakan Uji Kompetensi (UKOM) Profesi bagi seluruh tenaga kependidikannya. Kegiatan penting ini...

Jawab Tantangan Global: FISIP UNEJ Inisiasi Kolaborasi Internasional Melalui Konferensi Internasional Bertajuk INCOMI 2025

JEMBER – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ) sukses menghelat forum akademik bergengsi, INCOMI: International Conference on Multidisciplinary Issues, pada Kamis, 30 Oktober 2025. Bertempat di Aula FISIP UNEJ, konferensi ini...