
Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.AB.
KPS. DIII UPW
- NIP : 197506292000121001
- NIDN : 002907750
- Jabatan : Lektor Kepala
- Golongan : III/d
- Bidang Keahlian : Sistem Informasi Bisnis
- Minat Penelitian : Dynamic CapabilitiesStrategic EntrepreneurshipMarketing StrategicSmall and Medium Enterprises
Universitas Brawijaya – Sarjana Ilmu Sosial – 1999
Universitas Brawijaya – M.AB – 2011
Universitas Brawijaya – Doktor – 2021
Research Experience
YEAR |
TITLE |
STATUS |
FUNDING SOURCES |
2024 |
Landungsari Eco-Vision: Upaya Percepatan Sertifikasi dan Ekspansi Pasar Produk Beras Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Big Data |
Ketua |
Program Penelitian Pencapaian Visi Universitas |
2024 |
Analisis Kesesuaian Lahan dan Uji Multi Lokasi Ketan LUSI di Pesisir Selatan Kab. Jember dan Lumajang |
Anggota |
KATALIS – DRTPM Kemdikbud ristek |
2024 |
Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Karakteristik Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha |
Anggota |
Hibah Keris – Dimas |
2023 |
Business Model Innovation melalui peran Dynamic Capabilites dan Digital Transformation di Era Revolusi Industri 4.0 |
Ketua |
Hibah Keris – Dimas |
2023 |
Sertifikasi, Penguatan Kelembagaan Dan Branding Untuk Pertanian Ramah Lingkungan Di Kelompok Tani Sumber Pakel, Desa Tanggung, Kec Padang – kab. Lumajang |
Ketua |
Program Penelitian Pencapaian Visi Universitas |
2022 |
Strategi Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Pengembangan Geowisata Berbasis Masyarakat Lokal (studi Kasus Pengembangan Ijen Geopark Wilayah Kabupaten Bondowoso) |
Anggota |
Hibah KeRis |
2022 |
Digital Transformation Melalui Peran Strategic Flexibility Di Era Revolusi Industri 4.0 |
Ketua |
Hibah Penelitian Pasca Doktor (PPD) |
2022 |
Penguatan Start-up Agroindustri dan Pemasaran Beras Organik di Kabupaten Lumajang |
Ketua |
Matching Fund – Ke daire ka DRTP M Kemdikbdristek |
2016 |
Pengaruh Keterbukaan Informasi Publik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lokal |
Anggota |
Penelitian Kerjasama (lain) |
2016 |
Pengembangan E-tourism Ekowisata Organik Di Lombok Kulon, Bondowoso |
Ketua |
Hibah Bersaing |
2015 |
Pengembangan Motif Dan Produk Batik Tuban Dalam Rangka Membangun Desa Wisata Batik Di Kabupaten Tuban (tahun Ke 2) |
Anggota |
Hibah Bersaing |
Service Experience
YEAR |
TITLE |
STATUS |
FUNDING SOURCES |
2024 |
Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi |
Ketua |
Hibah |
2023 |
Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan |
Anggota |
Hibah |
2023 |
Pendampingan Branding Dan Manajemen Usaha Di Kelompok Tani Sembada Desa Darungan, Kec. |
Anggota |
Pengabdian Desa |
2023 |
Penguatan Sdm Dan Tata Kelola Kelembagaan |
Anggota |
Pengabdian Desa |
2016 |
Ibm Kelompok Pengolahan Dan Pemasaran |
Ketua |
DRPM – Program |
HKI/Paten/TTG:
YEAR | TITLE | TYPE | NO/IDENTITY |
2024 | Merek Landungsari | Sertifikat Merk Dagang | IDM001213011 |
2023 | Produk Minuman Kopi Kemasan | Karya Tulis (Deskripsi Produk) | EC002023141271 |
2023 | Produk Minuman Kopi Kemasan (deskripsi produk) | Karya Tulis | EC002023141271 |
2023 | Manajemen Kepariwisataan Wisata Edukasi Interaktif Berbasis Sumber Daya Alam Dan Ekosistemnya |
Buku | EC00202394019 |
2023 | Pengantar Pemasaran Pariwisata | Buku | EC002023120932 |
2023 | Dasar-Dasar Wawasan Kewirausahaan | ||
Research and Community Engagement Outputs
National Journal:
- M.Taufiqurrochman, W.Khristianto, E. Wahyudi. 2024. Implementasi Bauran Pemasaran
Pada Kopixel Jember. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBis) 3 (1), 1-12. - F.I.Syafarina, E. Wahyudi, W. Khristianto. 2024. Implementasi Inovasi Produk Pada DKM
Cakes & Cookies. Journal of Economic, Management and Entrepreneurship 2 (1), 1-11. - W.Khristianto, H.Yanti, E.Wahyudi. 2023. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Gaya Hidup
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks Coffee. Jurnal Agribest 7 (2), 129-
140. - NSE. Putri, W. Khristianto. 2023. Pengaruh Cafe Atmosphere, Product Assortment dan
Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Konsumen Generasi
Milenial Fox Coffee Jember). E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 24 (2), 172-182. - R. Maimuna, S. Suhartono, W. Khristianto. 2023. PENGARUH RESTAURANT ATMOSPHERE
DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP CUSTOMER BEHAVIORAL INTENTION PADA RESTO
SEAFOOD SITUBONDO. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM) 19 (3), 126-136. - M.A. Nugroho, R. Prananta, P.S. Hutama, P. Oktawirani, P. Lokaprasidha, W. Khristianto,
Pramesi Lokaprasidha. 2023. Dukungan Penguatan Kapasitas Pengelola dalam Pengembangan
Wisata Sejarah Me g a l i t i k u m. Mi t r a P r i ma . 3( 1 ) .
ht t p: //j ur nal. unpri mdn. ac. id/i ndex. php/ mit ra_ pri ma/art icle/view/4230 - W. Khristianto, A. Trihartono, E. Wahyudi, . 2023. How Strategic Flexibility Affects Digital
Transformation: Empirical Study On Modern Coffee Shops in Indonesia. Indonesian J o ur na l
of Bu s i ne s s a nd E n t r e p r e ne u r s h i p ( I J BE ) . 9( 3) .
ht t ps: //j our nal. i pb. ac. id/index. php/i j be/art icle/view/44881 - W. Khristianto. 2023. Penguatan SDM dan Tata Kelola Kelembagaan Pokdarwis Dwi
Rengganis di Desa Wisata Guyangan, Krucil, Kabupaten Probolinggo. Community Development
Journal. 4(1). https://journal. universitaspahlawan.ac.id/index. php/cdj/article/view/12150 - IH. Kusnadi, A. Saefullah, DA. Rahayu, W. Khristianto, H. Tannady. 2022. Peran Motivasi
Ekstrinsik dan Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kinerja Pelaku UMKM di
Belitung Timur. Jurnal Kewarganegaraan 6 (2), 5025-5027. - W. Khristianto. 2020. Using IT Governance Balanced Scorecard And Importance-Performance
Analysis For Developing It Governance In Higher Education Institution (An Empirical Study In
East Java, Indonesia). POLITICO 20 (1), 44-57. - W. Khristianto. 2019. Faktor-Faktor Pendorong dan Penghambat Adopsi Teknologi Informasi
untuk Pengembangan e-Tourism. Journal of Tourism and Creativity 3 (2), 151-162. - W. Khristianto, Y.D. Handini, S. Wahjuni, . 2017. Pendekatan Triple Helix (ABG) dalam
Pengembangan Desa Wisata Batik Tuban di Kabupaten Tuban. Jurnal Strategi dan Bisnis. 4(1).
http://www.adbis.fisip.unej.ac.id.
International Journal:
- W. Khristianto, Suharyono, M. Al Musadieq, E. Pangestuti, M.K. Mawardi. 2024. Achieving
organizational agility in situation of uncertainty through market sensing capability and innovation. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45, 869–878. https://so04.tcithaijo.org/index.php/kjss/article/view/274843/185129 - W. Khristianto, Y.D. Handini, . 2023. The Influence Of Brand Identification And Brand Trust
On Brand Evangelism. International Journal Of Business and Quality Research. 01(03).
https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJBQR/article/view/361 - W. Khristianto, A. Trihartono, & E. Wahyudi. 2023. How Strategic Flexibility Affects Digital
Transformation: Empirical Study on Modern Coffee Shops in Indonesia. Indonesian Journal of
Business and Entrepreneurship (IJBE), 9(3), 383. https://doi.org/10.17358/ijbe.9.3.383 - I.K. Mastika, S.S. Harsono, W. Khristianto, P.S. Hutama, P. Oktawirani,. 2023. Creative
strategies of local resources in managing geotourism in the Ijen Geopark Bondowoso, East
Java, Indonesia. International Journal of Geoheritage and Parks. 11(1).
https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2023.01.002 - W. Khristianto, Suharyono, M. Al Musadieq, E. Pangestuti, M.K. Maward. 2021. The Effects of
Market Sensing Capability and Information Technology Competency on Innovation and
Competitive Advantage. Journal of Asian Finance Economics and Business 8(3):1009-1019).
National Proceedings:
- PS Hutama, M.A. Nugroho, W. Khristianto, P. Lokaprasida, P. Oktawirani. 2023. Identifikasi
4A (Attraction, Amanities, Ancillary, Accesibilty) di obyek wisata Air Terjun Telunjuk Raung
Kabupaten Banyuwangi. Konferensi Nasional Mitra FISIP 1 (1), 131-133. - W. Khristianto. 2016. E-Government: Stages Model, Model Kemitraan Dan Kesiapan
Organisasi (Suatu Kajian Awal). Pemberdayaan Dan Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Daerah Dan
Desa. - W.E.Y. Retnani, W. Khristianto. 2016. Implementasi Prototype dalam e-Tourism Desa Wisata
Organik Lombok Kulon. Pengembangan Konten Digital Warisan Budaya Dan Alam Untuk
Mendukung E-Tourism.
International Proceedings:
- W. Khristianto. 2023. Tourist Satisfaction: The Influence of Tourist Attractions, Tourist
Facilities, and Social Media Marketing. 5th Open Society Conference, Atlantis Press. - W. Khristianto, E. Pangestuti, MK. Mawardi. 2021. Entrepreneurial Orientation (EO), Agility
Capability (AC), and Competitive Advantage (CA): the moderating tole of Information
Rechnology Operations (ITO) (Proceeding Series: Advances in Economics, Business and
Management Research, Vol. 191, pp. 44-47. Atlantis Press) - W. Khristianto. 2019. Investigating It Governance Validity In Higher Education Institution:
An Empirical Study. Prosiding ICOGISS, 258-266. - W. Khristianto, D. Kalnadi, B. Lestari. 2015. Analysis of Acceptance and Intention to Use
Technology Among Micro Small and Medium Enterprises:Using UTAUT Model
Book Chapter:
- I.K. Mastika, P. Oktawirani, P.S. Hutama, W. Khristianto, Pramesi Lokaprasidha, Dwi
Windradini BP, . 2023. Manajemen Kepariwisataan Wisata Edukasi Interaktif Berbasis
Sumber Daya Alam Dan Ekosistemnya. Rumpun Dua Belas (R12 Grup) Malang. ISBN: 978623-09-5887-8 - P. Oktawirani, W. Khristianto, R. Prananta, M.A. Nugroho, P. Lokaprasidha, P.S. Hutama . 2023. Pengantar Teknologi Informasi Pariwisata. UPT Penerbitan Universitas Jember. ISBN: 9786234770964
- Irmal, Juhari, S. Riyadi, O. Hapsara, U. Albab, F. Augustinah, Rosharita, T.N. Sari, N. Lumanauw, Sarwani, Y.P. Erick A., W. Khristianto, E. Widati, J. Ubjaan, E.E. Pujiastuti. Pengantar Pemasaran Pariwisata. 2023. MEDIA SAINS INDONESIA. ISBN : 9786231956705.
- Afriansyah, R. Ristiyana, R.W. Pahlevi, M.N. Mukmin, R. Kurnianingsih, I. Kurniawati, P.Ariwibowo, Agustinar, D. Retnaningdiah, A. Marganingsih, W. Khristianto, I. Dienillah, Y.E. Mulyadi, S.N. Marzuk. Dasar-Dasar Wawasan Kewirausahaan. 2022. Eureka Media Aksara. ISBN: 978-623-487-075-6. No. HKI: EC00202251974.