PROFIL PROGRAM STUDI
Sejarah Program Doktor Ilmu Administrasi
- Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember (PSDIA FISIP UNEJ) berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2083/D/T/2008 tanggal 7 Juli 2008.
- Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 1555/UN25/KP/2012 tanggal 13 Pebruari 2012 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Pascasarjana Universitas Jember (Antar Waktu) dari Sdr. Prof. Dr. Kabul Santoso, MS ke Sdr. Dr. Akhmad Toha, M.Si.
- Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 4558/UN25/KP/2013 tanggal 19 Desember 2013, Ketua Program Pascasarjana sebagai berikut:
- Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi: Dr. Djoko Poernomo, M.Si. Ketua Program Magister Ilmu Administrasi: Dr. Zarah Puspitaningtyas, S.Sos., SE., M.Si.
- Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor: 800/UN25/KP/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang Pemberhentian Ketua Program Magister (S-2) dan Ketua Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi dan Pengangkatan Koordinator Program Magister (S-2) dan Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
- Koordinator Program Magister (S-2) : Rachmat Hidayat, S.Sos., M.Si., M.PA., Ph.D. Koordinator Program Magister (S-3): Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., MM.
- Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Jember Nomor 14627/UN25/KP/2021 tanggal 16 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dan Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
- Memberhentikan dengan hormat Sdr. Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., MM. sebagai Koordinator Program Doktor (S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Dan Mengangkatan Sdr. Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D. sebagai Koordinator Program Doktor(S-3) Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
VISI
Menjadi Program Doktor Ilmu Administrasi yang unggul dalam Pengembangan sains dan teknologi pada kajian tata kelola dan daya saing lokal di tingkat global
MISI
- Menyelenggarakan Pendidikan Program Doktor yang berkualitas
- Mengembangkan dan Menyebarluaskan Ilmu Administrasi dalam Kajian Tata Kelola dan Daya Saing Lokal di Tingkat Global yang Bertumpu pada Identitas bangsa Indonesia
- Mengembangkan Jaringan Kerja Sama dengan Pemangku Kepentingan di Dalam dan Luar Negeri
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan karakter yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki nalar ilmiah yang berbasiskan dasar filsafat
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan metode transdisipliner dalam karya nyata untuk menghasilkan alternatif solusi atas masalah masalah masyarakat dan model tata kelola dan daya saing lokal di tingkat global
- Menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi bagi pengembangan Ilmu Administrasi yang menekankan tata kelola dan daya saing lokal melalui konferensi dan publikasi internasional bereputasi
Struktur Organisasi
Pengelola Prodi
Fasilitas
Angket Visi Keilmuan
Kerjasama
AKADEMIK
Kurikulum
KURIKULUM 2016 PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU ADMINISTRASI (51 SKS)
No. | Mata Kuliah | SKS | Kode | Penawaran |
SEMESTER 1 | ||||
1. | Filsafat Ilmu Pengetahuan Lanjutan | 3 | PDI3101 | Gasal |
2. | Teori Administrasi Lanjutan | 3 | PDI3102 | Gasal |
3. | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 | PDI3103 | Gasal |
4. | Teori Sosial Klasik& Modern | 3 | PDI3104 | Gasal |
5. | Teori EkonomiPolitik | 3 | PDI3105 | Gasal |
SEMESTER 2 | ||||
1. | Reading Course Administrasi Publik/Bisnis | 6 | PDI3206 | Gasal/Genap |
2. | Proposal Penelitian Disertasi | 3 | PDI3207 | Gasal/Genap |
3. | Pra-kualifikasi | 3 | PDI3208 | Gasal/Genap |
SEMESTER 3 | ||||
1. | Penulisan Disertasi | 6 | PDI3309 | Gasal/Genap |
2. | Seminar Hasil Penelitian | 3 | PDI3310 | Gasal/Genap |
3. | Publikasi Karya Ilmiah | 6 | PDI3311 | Gasal/Genap |
SEMESTER 4 | ||||
1. | Kelayakan Disertasi | 3 | PDI3412 | Gasal/Genap |
SEMESTER 5 | ||||
1. | Ujian Tertutup Disertasi | 3 | PDI3513 | Gasal/Genap |
SEMESTER 6 | ||||
1. | Ujian Terbuka Disertasi & Promosi | 3 | PDI3614 | Gasal/Genap |
KURIKULUM BARU 2022
PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU ADMINISTRASI
- DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER
Daftar mata kuliah dan bobot SKS
Tabel 6. Daftar Mata Kuliah dengan Bobot SKS
SEMESTER 1 | |||
1. | Filsafat Ilmu Pengetahuan | 3 SKS | |
2. | Diskursus Teori dan Praktik Ilmu Administrasi | 3 SKS | |
3. | Diskursus dan praktik teori Sosial Klasik dan Modern | 3 SKS | |
4. | Diskursus dan Praktik Teori Ekonomi Politik | 3 SKS | |
TOTAL | 12 SKS | ||
SEMESTER 2 | |||
1. | Metodologi Penelitian Lanjutan | 3 SKS | |
2. | Academic Writing and Literature Review | 3 SKS | |
3. | Seminar Tata Kelola dan Strategi Peningkatan Daya Saing Daerah | 3 SKS | |
4. | Ujian Kualifikasi | 3 SKS | |
TOTAL | 12 SKS | ||
SEMESTER 3 | |||
1. | Ujian Seminar Proposal Disertasi | 3 SKS | |
TOTAL | 3 SKS | ||
SEMESTER 4 | |||
1. | Publikasi Artikel Jurnal Internasional Bereputasi | Scopus Q3A | 6 SKS |
TOTAL | 6 SKS | ||
SEMESTER 5 | |||
1. | Ujian Seminar Hasil Penelitian | 3 SKS | |
3 SKS | |||
SEMESTER 6 | |||
1. | Ujian Tertutup | 6 SKS | |
2. | Ujian TerbukaB | 6 SKS | |
TOTAL | 12 SKS | ||
TOTAL (12 + 12 + 3 + 6 + 3 + 12) | 48 SKS |
Catatan
- Artikel ini harus SUDAH DIPUBLIKASIKAN di Jurnal Internasional Terindeks minimal Scopus Q3 dan menjadi PERSYARATAN UNTUK MENDAFTAR UJIAN TERTUTUP.
- Ujian Terbuka bisa diganti dengan membuat publikasi berupa artikel yang dimuat di Jurnal Internasional Bereputasi minimal terindeks Copernicus, Thompson, DOAIJ. Bersama dengan artikel yang dimaksudkan pada Catatan A., artikel ini menjadi PERSYARATAN UNTUK TIDAK MENGIKUTI UJIAN TERBUKA.
Dalam proses pembelajaran dosen pengampu mata kuliah pada Program Studi Doktor Ilmu Administrasi menerapkan metode Student Centered Learning (SCL). Model pembelajaran yang digunakan dalam SCL tersebut adalah sebagai berikut:
- Problem Based Learning (PBL), merupakan model pembelajaran yang ditandai dengan penggunaan masalah yang ada di dunia nyata untuk melatih mahasiswa berfikir kritis dan terampil memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan tentang konsep yang penting dari apa yang dipelajari.
- Research Based Learning (RBL), merupakan model pembelajaran yang dikaitkan dengan kegiatan-kegiatan seperti menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi, dan memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk meningkatkannya asimilasi dan penerapan pengetahuan.
- Project Based Learning (PJBL), merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.
- Case Study (CS), merupakan model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan atau ketrampilan mahasiswa dalam memecahkan masalah.
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
Kemampuan yang diharapkan dicapai mahasiswa selama proses pembelajaran di PS-DIA tertuang dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), yang dirumuskan berlandaskan pada Pasal 5 (1) Permendikbud No. 3 Tahun 2020, bahwa: “Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan,” untuk mencapai kualifikasi pendidikan program doktor pada level 9, yaitu melakukan pendalaman dan perluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) melalui riset multi-transdisiplin.
KEMAHASISWAAN
Prestasi Mahasiswa
Organisasi Mahasiswa
Kepuasan Mahasiswa
DOWNLOAD AREA