Selamat Datang di

Program Studi

 

DIII Usaha Perjalanan Wisata

Click Here

Adinda Tri Septian

Menurut saya, saya senang bisa kuliah di jurusan UPW yang merupakan salah satu jurusan yang saya inginkan. Saya enjoy dengan mata kuliah dan setiap pembelajaran di jurusan UPW. Selama berkuliah saya selalu penasaran dan senang belajar di jurusan ini karena memang banyak hal baru dan bisa belajar hal lain juga. Materi serta tugas yang diberikan tidak berat selain itu saya senang karna bertemu dengan teman UPW yang super duper asik, Dosen yang mengajar pun baik dan menyenangkan sehingga membuat nyaman selama kuliah berlangsung. Saya berharap UPW Unej bisa dikembangkan lagi menjadi D4 atau S1.

Ananda Tri Risky

Perkenalkan saya Ananda Tri Risky (Nanda) alumni Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Tahun 2013, menurut pendapat saya selama menjadi mahasiswa Jurusan UPW Universitas Jember ini sudah baik dalam hal akademik maupun non akademik,dengan didukung dosen2 yang handal, serta sarana dan fasilitas perkuliahan yang memadai. Saya merasa layak menjadi salah satu jurusan yang mumpuni dibidangnya. Kedepannya semoga Jurusan UPW ini bisa semakin maju dan berkembang agar semakin banyak yg berminat untuk kuliah dijurusan UPW.

Kalebyna Sendani

Haloo teman-teman, salam kenal. Saya Kalebyna Sendani alumni Mahasiswa Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember angkatan 2020. Saat ini saya bekerja di sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang kerohanian Kristen bernama PERKANTAS (Persekutuan Kristen Antar Universitas). Saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya ketika menempuh perkuliahan di D3 UPW Universitas Jember. Saya bersyukur bisa mengikuti perkuliahan selama 3 tahun dan lulus tepat waktu. Ilmu yang diajarkan sedari awal hingga akhir, saya dapat rasakan hasilnya hingga saat ini meskipun pekerjaan saya saat ini tidak linear dengan pariwisata. Tidak hanya ilmu basic di lingkup pariwisata saja yang diajarkan tapi skill bekerja sama dalam team, berelasi dengan rekan kerja, mengatasi konflik, disiplin, beretika, hospitality itulah ilmu yang saya terapkan di pekerjaan saya saat ini. Tidak lupa Bapak/Ibu dosen yang selalu teliti dan detail dalam mengajarkan ilmu-ilmu pariwisata sehingga saya dapat dengan mudah memahami setiap mata kuliah yang diberikan. Selain itu UPW yang berjejaring dengan berbagai industri pariwisata juga memberi saya banyak pengalaman terlebih ketika saya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Itu saja pengalaman yang dapat saya bagikan mengingat betapa bangganya saya bisa menjadi bagian dari keluarga besar D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember. Maju terus UPW.

Savitri

Sangat senang bisa menjadi bagian dari UPW, bisa merasakan banyak pengalaman dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi saya untuk memghadapi dunia kerja. Dosen-dosen yang mengajar juga sangat kompeten dibidangnya dan berpengalaman. Selain itu, teman-teman yang saling support dan kompak membuat kuliah di UPW menjadi menyenangkan. Dan yang menariknya lagi, mahasiswa diberi cukup banyak kesempatan untuk mempraktekkan ilmunya secara langsung dengan menyelenggarakan berbagai event dan field trip selama masa kuliah.

Bimantara

Menurut pengalaman saya pribadi, kuliah di prodi UPW cukup menyenangkan, baik dari sesi perkuliahan maupun diluarnya. Banyak hal baru yg bisa kita dapatkan, seperti halnya program pengembangan diri dari dosen, bagaimana sudut pandang kita sebagai mahsiswa, serta nikmatnya belajar sambil berwisata. Saat ini saya tidak bekerja disebuah perusahaan atau instansi, saya memilih berwirausaha dibidang peternakan sesuai dengan apa yg saya sukai. Saya harap prodi ini akan lebih maju lagi, baik dari penambahan jenjang termasuk jurusan baru, fasilitas yang baik (meningkatkan skill), materi praktek yg benefit sesuai bidang, serta terobosan-terobosan gila agar program studi ini lebih dikenal dan jadi pilihan utama.

Hulilatur Roniah

Menurut saya, menjadi bagian dari UPW merupakan hal terbaik yang pernah saya pilih sebagai lanjutan pendidikan saya setelah tamat SMA. Prodi UPW ini memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi minat dan bakat saya. Diberi kebebasan memilih dan didukung, serta mendapat bimbingan penuh atas pilihan saya yang lebih menjurus pada pariwisata minat khusus. Harapan saya, UPW memberikan banyak peluang pada mahasiswanya, membuka hubungan diluar dan menambah jaringan sesama. Supaya memudahkan mahasiswanya untuk mengembangkan bakat minat yang dimiliki.

Siti Nur Halimah

Pengalaman kuliah di Usaha Perjalan Wisata UNEJ membuka banyak sekali wawasan tentang industri pariwisata. Bukan hanya tau tempat2 wisata di Indonesia, tapi juga belajar tentang tour planning, akomodasi, budgeting, tour guiding dll. Dan yg kita tahu selama ini tour and travel itu cuma sewa mobil saja, trnyata banyak sekali proses bisnis di dalamnya. Di luar itu saya juga happy di jurusan ini karena banyak belajar about service and hospitality. Salam “see you on the next trip gaes”

Athoy

Kuliah di D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) memberikan saya banyak pengalaman serta ilmu pengetahuan yang baru terkusus dibidang pariwisata mendapati pedagogi yang bagus serta memberikan dorongan untuk senantiasa menjaga kelestarian alam.

Adhelia Dinda

Universitas Jember adalah salah satu kampus yang memiliki program studi kepariwisataan atau yang disebut DIII Usaha Perjalanan Wisata. Memiliki fasilitas yang baik untuk mensupport sistem belajar mahasiswa dan mahasiswinya. Disini, kita mendapat banyak pengalaman yaitu menghandle suatu event yang diadakan setiap tahunan dan saya juga mendapat kesempatan dua kali OJT dengan memilih kota yang saya inginkan dan tentunya sesuai passion masing – masing. Selain itu, diajarkan terkait kedisiplinan, cara berpakaian yang selalu rapii dan tentunya prodi UPW selalu ada agenda untuk tour baik di dalam maupun keluar kotaa untuk memperkenalkan wisata2 yang adaa. pokoknyaa kuliahh disini seruuu bangett, bangga pernah jadi bagian dari UPW UNEJ ✨.

Destania Diana Fitri

Assalamualaikum wr.wb. Saya Destania Diana Fitri alumni D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember. Saya sangat bersyukur telah menyelesaikan pendidikan di D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember yang di didik oleh dosen dosen berkualitas, berkompeten, dan ramah tentunya. Suasana kampus yang asri dan fasilitas yang lengkap serta pembelajaran yang menyenangkan. Dosen-dosen D3 Usaha Perjalanan Wisata mampu mempercayai dan memberikan wadah kepada mahasiswanya dalam membuat sebuah event baik event kecil maupun maupun event besar. Menurut saya D3 UPW memiliki prospek yang jelas karena kita juga di wajibkan untuk menjalani magang selama 2 kali. Magang adalah kesempatan yang luar biasa dalam menambah ilmu baru tentunya sesuai dengan dunia kerja yang nyata juga menambah relasi mahasiswa untuk mencari pekerjaan sesuai bidangnya. Bagi saya D3 UPW sangat membanggakan karena sudah bekerja sama dengan berbagai sektor pariwisata, kami mendapat mata kuliah praktik lebih banyak sehingga siap menghadapi dunia kerja sesuai bidang yang kami minati. Terimakasih dosen-dosen D3 UPW semoga D3 Usaha Perjalanan Wisata semakin baik dan akan selalu menjadi yang terbaik☺ “Build your own dreams, or someone else will hire you to build theirs” – Farrah Gray

Yayan Ramadhan

Indonesia negara dengan beragam budaya dan kekayaan alam yang indah, hal ini yang membuat saya menempuh pendidikan di D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember. Selama berkuliah saya mempelajari banyak hal seperti ilmi hospitality yang cukup berguna bagi saya. Saat ini saya menjadi freelance tour leader dan mengembangkan usaha trip organizer milik saya sendiri / Pesan_trip.id, Hal itu semua tak luput dari ilmu yang telah diberikan oleh Bapak dan Ibu Dosen D3 Usaha Perjalanan Wisata.

Moh. Syaifuddin

Selama saya kuliah di D3 UPW, saya mendapatkan pengalaman yang baru, karena prodi UPW salah satu prodi spesialiasi hospitality yang ada di jember. Dan sekarang saya bekerja di Cook di PT Boga Makmur Prima (Boga Group).
Di prodi UPW saya merasa dapat mengasah skill/kompetensi baru dgn didukung networking luar kampus sehingga saya dapat mengenyam pendidikan/progam OJT di Java Paragon Hotel & Residences Surabaya yang merupakan hotel bintang bintang 4 yang sangat kompeten, sehingga saat ini saya menjadi cook/koki di salahsatu restaurant internasional yg ada di jember. Selain itu dalam kegiatan kampus, mahasiswa/wi juga dapat belajar dan berorganisasi dgn instrumen ormawa intern yg ada di fakultas. Dengan ini, mahasiswa juga bisa melatih kepemimpian sbg salah satu bekal dasar untuk menghadapi realita pasca pendidikan/kuliah.

Fauzan Afif Zakka

Menurut saya pribadi saya sangat bangga pernah menjadi bagian dari prodi UPW yang awalnya tidak tau apa” tentang dunia pariwisata sekarang bisa tau dengan detail semoga kedepannya UPW ada jenjang. Yang lebih tinggi D4/D1 dulu pernah dengar ada wacana tapi semoga kedepannya UPW Semakin sukses dan menjadi prodi unggulan di FAKULTAS maupu di universitas

Ninik Wahyu Indartik

Assalamualaikum wr.wb. Saya Ninik Wahyu Indartik alumni UPW’17. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S2 Pariwisata di salah satu perguruan tinggi negri di Bali. Sedikit saya ingin membagikan testimoni semoga dapat memberikan gambaran atau manfaat bagi pembaca. Berkuliah di jurusan Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember, memberikan saya banyak pengalaman yang sangat berkesan. Diantaranya suasana belajar yang dinamis, kurikulum yang terstruktur dengan cermat dan disampikan oleh dosen yang berkompeten dibidangnya, tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang industri pariwisata, tetapi saya dapat membangun keterampilan praktis dan interpersonal melalui partisipasi aktif dalam magang, kunjungan lapang dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kedepannya, harapan saya adalah melihat terus berkembangnya jurusan ini sebagai pusat unggulan dalam pendidikan khususnya dibidang ilmu pariwisata. Saya berharap kampus dapat terus menghadirkan kurikulum yang responsif terhadap perubahan industri, memfasilitasi peluang praktik yang lebih luas, dan menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan industri. Terimakasih🙏🏻

Amel

Selama kuliah di UPW Universitas Jember saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan dapat saya aplikasikan di dunia kerja saat ini. Saat ini saya bekerja sebagai guru bahasa inggris di akademi bahasa asing, Korea Selatan. Pekerjaan saya yang berkaitan dengan bahasa asing sangat terbantu oleh mata kuliah yang saya pelajari di kampus. Selain itu, fasilitas yang memadai, lingkungan yang nyaman, dan ibu/bapak dosen yang suportif membantu saya dalam mengembangkan minat dan bakat membuat saya sangat bersyukur dan berterimakasih🙏🏻

Marchaenta Yogyanterra Kusuma

Selama berkuliah di UPW UNEJ saya mendapatkan banyak sekali relasi dan ilmu pariwisata yang sangat berguna bagi saya. Saat ini saya bekerja sebagai Teknisi pada Program Studi Destinasi Pariwisata, Politeknik Negeri Jember. Saya juga merasa mendapatkan banyak bekal untuk menuju dunia kerja yang liniar dengan perkuliahan saya. Dosen pengajar di UPW UNEJ juga sangat berperan penting dalam perkembangan saya sebagai mahasiswa pariwisata hingga menjadi salah satu pelaku pariwisata.

Faradina Amadea

Menurut saya kuliah di D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember itu seru banget, meski saya hanya kuliah offline selama 1 semester namun selama 1 semester itu saya merasakan banyak sekali pengalaman bersama teman-teman satu angkatan dan dosen di UPW, seperti PKL dan perkuliahan tatap muka. Selain itu disini juga banyak diberikan fasilitas yang cukup memadai seperti diadakannya praktek ke luar kota untuk menganalisa tempat pariwisata, kemudian adanya Tour Travel milik D3 UPW sendiri yang bisa dikembangkan secara langsung oleh mahasiswa, materi perkuliahan yang diberikan juga lengkap dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Semoga kedepannya D3 UPW Universitas Jember semakin baik dan berprestasi ✨

Dhevi Richa Pramitha

Sy Dhevi,saat ini sy berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah jurusan pariwisata,,
Alhamdulillah ilmu pariwisata dan pengalaman yg sy dapat selama kuliah di D3 Pariwisata sangat bermanfaat dan berkesan. Saya harap untuk kedepannya jurusan UPW di UNEJ lebih dikembangkan lagi, mungkin seperti ditingkatkan jenjangnya ke yang lebih tinggi seperti S1 ataupun D4.

Fitra Andi

Sebagai salah satu alumni D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember, saya bangga sudah pernah merasakan bagaimana mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk di dunia kerja maupun di kalangan masyarakat.
Dengan didukung oleh para dosen- dosen yang asyik dan berpengalaman di dunia pariwisata. Saya harap di masa depan UPW bisa semakin sukses dan semakin banyak diminati oleh anak-anak muda yang energik dan kreatif. Pekerjaan saya saat ini adalah Driver Bank Permata & freelance Pemandu Wisata.

Frans

Sebagai alumni D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember, saya dapat dengan percaya diri mengatakan bahwa program ini telah mempersiapkan saya dengan pengetahuan dan keterampilan praktis yang diperlukan dalam industri pariwisata. Dengan dukungan dosen-dosen berpengalaman dan atmosfer kampus yang mendukung, saya siap untuk meraih kesuksesan dalam karier saya di dunia pariwisata. Saat ini saya sebagai Guru Produktif SMK Negeri 3 Jember ( Konsentrasi keahlian Usaha Layanan Wisata).

Yusfi Azizur R

Saya Yusfi Azizur R alumni UPW angkatan 2014. Hospitality service adalah first impression saya selama menyelami perkuliahan di bidang pariwisata/UPW Fisip UNEJ. Saya bisa berproses hingga saat ini karena pengalaman selama di UPW dan pada akhirnya bisa menjadi bagian/internship di perusahaan pengembangan pariwisata (PT.ITDC) di Nusa Dua Bali yang merupakan pencapaian luar biasa bagi saya. Kedepan saya berharap untuk diperbanyak pelatihan-pelatihan yg meliputi perhotelan, travel agent/ticketing, enterpreneur dan juga study banding/internship.

Abdul Ghofur

Menurut saya pribadi saya senang kuliah di jurusan UPW, Di prodi ini saya bisa berkembang menjadi lebih baik lagi, Kuliah Di sini menjadi pilihan yang terbaik, Lingkungan kampus yang kondusif, dan baik. Saya harap jurusan UPW di UNEJ lebih dikembangkan lagi, mungkin seperti ditambahkan jenjang yang lebih baik dan saya sekarang sudah bekerja menjadi Supervisor di salah satu perusahaan yang ada di jawa timur. Terimakasih Untuk Dosen UPW.

Bilqis

Menjadi lulusan usaha perjalanan wisata membuat saya banyak pengalaman, sehingga sudah siap di dunia kerja. Banyak nya kegiatan / praktek di setiap mata kuliah membantu saya lebih paham terkait materi yg diberikan. Salah satu nilai plus di prodi ini, kita bisa melakukan internship sesuai dgn bidang yg kita inginkan. Prodi ini selalu memberikan support kepada mahasiswa dgn selalu memberikan peluang dan juga menjalin hubungan baik dgn perusahaan ataupun organisasi di bidang hospitality/pariwisata.

Mahardika Prima Mulya

Nama saya Mahardika Prima Mulya, lulusan D3 Usaha Perjalan Wisata Universitas Jember Tahun 2018. Saya sangat bersyukur teleh mempuh perjalanan kuliah yang penuh dengan tantangan, keseruan, dan menyenangkan. Pengalaman dan ilmu yg saya dapatkan sangat berharga untuk membentuk diri saya sendiri dan menambah wawasan bagaimana mengelola tempat wisata dan bagaimana membangun sebuah tempat wisata. Terimakasih kepada dosen D3 usaha perjalanan wisata yang telah memberikan kepada saya ilmu yg sangat bermanfaat. Saya harap D3 Usaha Perjalanan Wisata dapat berkembang dengan baik dan memunculkan generasi muda yang peduli akan destinasi wisata dan dapat mengembangkan dengan pesat.

Aina Farahima Yusran

Perkenalkan saya Aina Farahima Yusran dah satu mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2021. Dengan bermodalkan ilmu dari Bapak ibu dosen dan beberapa mata kuliah penerbangan yang pernah saya ampu, saat ini sedang menjalani proses PKN 2 dan di saat yang sama Alhamdulillah saya diberi kesempatan besar dipercayai oleh GM dan diminta untuk sekaligus bekerja di PT Gapura Angkasa di maskapai Pelita Air, penerbangan domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai. Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini, Terimakasih kepada Bapak ibu dosen, keluarga dan teman teman yang telah menjadi bagian dari proses ini. Tanpa kalian saya tidak bisa berada diposisi ini 😊🙏

Nur Fitria

Saya Nur Fitria, lulusan tahun 2017. Saat ini bekerja di Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Muhammad Zalfa Risqullah

Program studi DIII Usaha Perjalanan Wisata mengesankan sekali bisa diterima dan berkuliah di prodi ini. Secara pengajaran maupun fasilitas yang diberikan sudah terbilang cukup, namun sekedar saran dari saya apabila prodi DIII Usaha Perjalanan Wisata ditingkatkan lagi jenjangnya pak. Untuk sekarang saya masih belum mendapatkan pekerjaan pak. Terima kasih 🙏🏻

Nadila Shanas Tanty

Halo perkenalkan saya Nadila Shanas Tanty. Testimoni kuliah D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember. Menurut saya menempuh pendidikan pariwisata sangat beragam, mempelajari Pengetahuan Obyek Wisata, Tour & Travel, MICE, Event, Perhotelan, Perencanaan & Pengembangan Pariwisata, dimana dapat menunjang para mahasiswa untuk menambah pengetahuan dan wawasan pada bangku kuliah. Menciptakan mahasiswa yang kompeten, disiplin, Grooming & Hospitality yakni mengutamakan attitude yang menjadikan mahasiswa dan para alumni menjadi pribadi yang lebih baik. Metode kurikulum pembelajarannya yang diajarkan oleh dosen pun baik teori maupun praktek sangat inovatif dan kreatif. Ditunjang dengan kampusnya yang bagus, bersih, & nyaman. Sehingga para mahasiswa dapat memahami dan mengimplementasikan ilmu dengan baik serta mensupport mahasiswa untuk terus berkembang dalam bidang pariwisata. Dengan mempunyai bekal ilmu disini saya melanjutkan karier di bidang Event Organizer sesuai dengan pengalaman dan pendidikan yang saya tempuh. Terimakasih

Your Title Goes Here

Kuliah di D3 UPW Universitas Jember menurut saya sangat menyenangkan dan membuka wawasan. Karna kita prodinya UPW jdi kita bisa banyak belajar tentang destinasi wisatanya itu sendiri, akomodasi, tiketing, bahasa, adat istiadat dan lain-lain. Dan yg lebih seru lgi setiap semester kita selalu kuliah lapang yg membuat kita mahasiswa UPW dan dosen semakin kompak. Materi dan praktek sangat seimbang, sehingga kita tidak hanya paham materi saja tpi langsung pada prakteknya. Program magang di akhir semester selama 6 bulan juga sangat membantu untuk kita pempersiapkan diri terjun di dunia kerja. Trimakasih UPW ☺

Your Title Goes Here

Selama saya kuliah di D3 Usaha Perjalanan Wisata, alhamdulillah dapat banyak ilmu terutama dibidang bisnis, yang mana para dosen memberikan motivasi untuk kami bahwa setelah lulus kuliah bagaimana kita bisa memunculkan ide bisnis supaya dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Oleh karena itu usaha untuk berbisnis saya coba semua dari berjualan es Boba, bisnis thrift hingga bisnis kredit elektronik yang saya jalankan sendiri.
Terimakasih untuk semua para dosen atas bimbingannya yang sangat bermanfaat untuk saya.

Melani Meilia

Nama saya Melani Meilia, lulusan D3 UPW UNEJ tahun 2018, Saya sangat bersyukur telah menempuh perjalanan kuliah yang penuh tantangan ini di D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember. Pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan sangat berharga untuk membentuk diri saya menjadi pribadi yang lebih baik. Terima kasih kepada dosen D3 UPW atas dedikasinya dalam memberikan materi yang jelas, untuk fasilitas yang di dapat pun sudah cukup baik. Saya harap D3 UPW UNEJ menjadi jurusan pariwisata yang berkembang dan banyak di minati, dan semoga kedepannya tidak hanya D3, semoga bisa menambahkan jenjang yang lebih tinggi seperti S1 dan seterusnya.

Syafira Yunistika Imamiah

Saya Syafira Yunistika Imamiah salah satu alumni program studi Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2016. Pengalaman saya selama menjadi mahasiswa di program studi Usaha Perjalanan Wisata saya sangat senang dikarenakan saya mendapatkan pengalaman dua kali magang dan beberapa kali praktek kuliah lapang. Harapan saya semoga program studi Usaha Perjalanan Wisata kedepannya dapat di kembangkan lebih baik lagi. Terimakasih

Alvia Septaningrum

Kuliah di UPW lebih banyak praktek di lapangan daripada hanya sekedar teori, hal ini yg membuat belajar jadi lebih terkesan dan menyenangkan. . . Karena belajar tidak harus di dalam ruangan kan😉

Fahrizal Khusnul Kuluk

Pengalaman menempuh perkuliahan di program studi D3 Usaha Perjalanan Wisata Universitas Negeri Jember, selama saya berkuliah di UPW banyak ilmu juga pengalaman yang saya dapatkan mengenai dunia pariwisata. Sistem pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya terpaku pada pembelajaran di ruangan kelas melainkan banyak kegiatan praktek-praktek langsung diluar lapangan yang memberikan pengalaman yang berbeda juga ilmu-ilmu baru. Harapan saya untuk kedepannya program studi Usaha Perjalanan Wisata terus berkembang dan bisa menjadi program studi D4/S1, sekian dan terima kasih.

Indah Yuni Novitasari

Pengalaman kuliah di D3 UPW UNEJ sangat mengajarkan banyak hal selain belajar di kelas juga belajar di lapangan setiap semesternya, sehingga mahasiswa bisa belajar secara langsung mengenai perkembangan industri pariwisata di indonesia, setelah belajar di d3 UPW UNEJ sangat mudah bagi saya untuk mencari pekerjaan karna banyaknya bidang usaha pariwisata, seperti bekerja di bidang akomodasi (hotel) pada tahun 2018, di bidang food and beverage (f n b service) di tahun 2019 dan di bidang kosultan pariwisata di tahun 2020. Dan saat ini saya bekerja di bidang pendidikan tepatnya di SMK PUGER – Jember sebagai Guru Tetap Yayasan

Fransiskus Robi Sanjaya

Saya memilih Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Universitas Jember karena akreditasinya yg bagus, Tenaga Pengajar yg Profesional dan Capable di bidangnya, serta lingkungan kampus yg baik dan positif untuk menunjang dalam proses belajar saya.

Muhammad Iqbal Al Juffri

Alhamdulillah selama menempuh pendidikan D3 UPW, materi yang diberikan sangat bagus, bermanfaat sekali untuk dikembangkan di dunia pekerjaan, terbukti sampai sekarang ilmu tersebut masih saya pakai seperti membuat itenerary, Menjadi Tour Leader, merancang paket dan banyak lagi. Saya harap kedepannya jurusan ini memiliki pengembangan ke arah S1 atau bahkan S2. Tak lupa juga terima kasih yang tak terhingga kepada para dosen yang telah membimbing kami selama di kampus, yang selalu sabar dalam memberikan pelayanan belajar yang nyaman dan menyenangkan

Terima kasih 🙏

ID Islah Murtadha

Halo, ijin berbagi testimoni kuliah di UPW, pengalaman yang tak akan terlupakan perkuliahan di UPW karena banyak hal yang saya dapatkan selain perkuliahan saja, hal terbesar yang saya dapatkan adalah memulai relasi yang lebih luas di bidang kepariwisataan karena saya di seeing diberi kesempatan untuk ikut serta di kegiatan prodi, mengetahui hal baru, orang baru dan pengalaman baru. Banyak hal yang saya dapat dan rasakan meski terbilang mustahil bisa saya rasakan sebelumnya. Di upw saya mulai belajar dan terjun di dunia travel agent dan sejak di upw saya mulai berani menjalin kerjasama dengan beberapa stekholder industri biro perjalanan dan berlanjut saya geluti sampai saat ini sebagai seorang pengusaha travel agent dan tourism and tour consultant.

Halimatus Sa'diyah

Usaha Perjalanan Wisata merupakan salah satu dari beberapa bidang yang bisa ditekuni ketika kalian lulusan baru hendak masuk ke jenjang universitas. Selain mengasah hobby menjadi sebuah kemampuan personal, banyak juga ilmu terapan lain yang bisa dipergunakan dalam bermasyarakat. Selama menjalani pendidikan di Universitas Jember jurusan pariwisata ini mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman menarik yang tentunya tidak bisa saya dapatkan dari rumah, selain dosen pengajar dan pendidik yang memang sudah kompeten pada bidangnya , sarana prasarana, metode pembelajaran serta relasi yang dibangun untuk kerjasama magang ataupun study kawasan bisa membuka pandangan kita mau jadi apa ketika sudah selesai kuliah nantinya. Kita bisa bersaing dengan lulusan universitas lain dan unggul, kita juga bisa masuk instansi lain yang dasar ilmu nya juga berasal dari bagian pariwisata yaitu hospitality.
Saya Halimatus Sa’diyah angkatan 2015 sedikit track record dari ilmu yang saya terapkan dalam perkerjaan
2018 Magang PT. Bintan Resort Cakrawala ( Business Development Program bagian tourism pulau Bintan )
Agustus 2018 – agustus 2019 Front Office Bromo Permai 1
September 2019- februari 2020 Supervisor Front Office Bromo Permai 1
Maret 2020 – januari 2021 Call Center Bank Rakyat Indonesia ( Debit Complain Handling)
Maret 2021-2023 Sekarang Call Center ( Complain Handling IndiHome dann Telkomsel

Fiqhul

Selama menempuh pendidikan di UPW UNEJ banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya dapat, terutama ketika magang. Pada saat magang saya belajar pengembangan diri, mengelola emosi, bekerjasama tim, tanggung jawab, dan masih banyak lagi. Saya Fiqhul Angkatan 2020 yakin dengan program magang ini dapat menjadi bekal mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat nanti.

Alfin Abrori

Alhamdulillah selama menempuh pendidikan D3 UPW, materi yang diberikan sangat bagus, bermanfaat sekali untuk dikembangkan di dunia pekerjaan, terbukti sampai sekarang ilmu tersebut masih saya pakai seperti membuat itenerary, Menjadi Tour Leader, merancang paket dan banyak lagi Saya harap kedepannya jurusan ini memiliki pengembangan ke arah S1 atau bahkan S2 sehingga saya bisa melanjutkan study saya Tak lupa juga terima kasih yang tak terhingga kepada para dosen yang telah membimbing kami selama di kampus, semuanya baik  Terima kasih 🙏

Diah Novitasari

kampusnya asri banyak penghijauan, dosennya ramah, kegiatan perkuliahan menyenangkan, banyak teman banyak pengalaman 😁
Pekerjaan sekarang: wirausaha (membuka toko bunga di beberapa kota di Jatim 🙏🏼. Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan)

Erlin Puji Astuty

‘Halo, Saya Erlin Puji Astuty Alumni UPW Unej. Selama saya menjalani studi di UPW saya menemukan banyak hal baru terutama di bidang Pariwisata, suasana belajar yg nyaman serta dosen dan karyawan yg sangat luar biasa. Terima kasih UPW Unej, semoga semakin sukses dan semakin berjaya.’

Lia

Saya memilih kuliah di UNEJ karena lokasi yg stategis, dekat dengan kota, dan sangat dekat dari rumah saya..
Terlebih lagi saya memilih jurusan usaha perjalanan wisata yg memang keinginan saya dari awal, saya sangat banyak memiliki pengalaman di waktu saya masih menempuh prodi tersebut ditambah lagi dengan dosen2 yg profesional membuat saya happy di setiap mata pelajaran..
Pesan saya semoga usaha perjalanan wisata semakin jaya dan semakin menghasilkan alumni2 yg luar biasa 🙏🏻😊

Putri Lestari

Testimoninya pernah kuliah di UPW bener” berasa kuliah ternyata ga serumit yg dibayangkan, karna di UPW perkuliahannya sangat seru, jadi pusing karna tugas ga ngaruh 😁

Imroatus Sholikah

Perkenalkan nama saya imroatus sholikah biasa dikenal sebagai lika, saya alumni usaha perjalanan wisata tahun 2020. Pesan kesan saya selama berkuliah di upw bisa dibilang sangat berkesann bisa bertemu dengan rekan rekan seperjuangan yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan tidak perlu diragukan lagi terkait keprofesionalan dosen sangat mengajar, menurut saya metode yang digunakan sangat efektif dan membuat saya mudah untuk dicerna dan dipelajari ulang. Saya rasa dari rekan rekan saya yang lain menginginkan prodi upw memiliki jenjang yang lebih tinggi, namun saya paham betul bahwa untuk merealisasikan nya butuh waktu yang cukup lamaa, saya berharap upw bisa terus menjadi prodi yang dapat menciptakan alumni alumni yang berdedikasi tinggi di ranah pariwisata atau mungkin dibidang yang lainnya. Saran dari saya untuk upw sendiri mungkin bisa ditekankan kembali soal grooming karena saya rasa pariwisata sudah sepatutnya grooming menjadi nomor satu untuk menjadi hal yang sangat wajib di lakukan. Semoga upw tetap menjadi terbaik dari yang baik dan sukses selalu untuk semuanyaa semangat untuk mahasiswa upw yang masih berproses dan untuk dosen dosen upw tercinta semoga sehat selalu, terima kasih atas semuanyaa. We love youu <3

Dessy Armada

Ada banyak hal yang bisa saya ambil dari perkuliahan di D111 Usaha Perjalanan Wisata UNEJ
Banyak hal yang bisa saya terapkan di dunia kerja saya sekarang,
Yang awalnya dulu saya demam panggung, nggak berani ngadepin orang, alhamdulillah sekarang sudah terbiasa dan mulai lancar menghdapi banyak orang. Alhamdulillah jugak itu semua berkat kesempatan universitas dan prodi yang sudah memberi kesemptan atau memfasilitasi saya dan teman teman untuk mengikuti praktek kerja lapang, itu jugak sangat membantu sekali. Karena kita benar benar di didik dan di bentuk bagaiman kita nanti di dunia kerja dan bagaimna kita nanti menghdapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dan terbukti apa yang saya sudah pelajari di mata kuliah dan di tempat PKL saya dlu teori maupun prakteknya masuk semua. Jadi nggak menyesal sama sekali deh kuliah di jurusan D111 Usaha Perjalanan Wisata sangat menyenangkan dan asyikk banget, apa lagi yang hobbynya traveling seperti saya wwuhhhhh istimewah banget, udah kerjanya jalan jalan,segala apa dibayarin, masih di kasih gaji pula, alhamdulillah pokoknya😁😁😁🙏🙏🙏🙏

Difta Ayu Saputri Dewi

Belajar di Usaha Perjalanan Wisata sangat seru dan mengasyikan. Dibimbing oleh pengajar yang kompeten dibidangnya, fasilitas dan sarana yang sangat mewadai, serta relasi tempat magang yang mampu mewadahi mahasiswa untuk pengembangan diri dalam mempersiapkan SDM bibit unggul dibidangnya. Semoga Usaha Perjalanan Wisata Unej semakin lebih baik lagi dalam melahirkan Insan Pariwisata yang kompeten dan unggul diBidangnya.
Difta Ayu Saputri Dewi, Manager Dept. Pendidikan dan Event di Imaji Sociopreneur
Angkatan 2015

PROFIL PROGRAM STUDI

VISI PROGRAM STUDI

“Terwujudnya Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata yang terkemuka dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, unggul, serta berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial”.

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan bidang usaha perjalanan wisata yang berkualitas, unggul dan berwawasan lingkungan, bisnis dan pertanian industrial.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan keilmuan bidang usaha perjalanan wisata melalui peningkatan pembelajaran yang berkualitas, kreatif, inovatif dan bernilai.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian pada masyarakat yang kreatif, inovatif, dan bernilai.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan desain serta jejaring kerjasama bidang Usaha Perjalanan Wisata dengan stakeholders baik dalam negeri maupun luar negeri untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Berdasarkan misi yang telah ditetapkan, terdapat 4 (empat) tujuan Program Studi DIII UPW yaitu:

  1. Mewujudkan lulusan yang terampil, kompeten, kreatif, inovatif di bidang pengelolaan dan pengembangan Industri Pariwisata, khususnya bidang pengelolaan dan pengembangan Usaha Perjalanan Wisata yang memiliki jiwa sadar wisata dan sapta pesona.
  2. Menghasilkan karya-karya bidang Usaha Perjalanan Wisata yang prima dan bernilai ekonomi, ramah lingkungan, berkearifan lokal dan kontributif bagi masyarakat di kawasan Nasional dan Asia Tenggara.
  3. Mewujudkan budaya kerja excellent dengan memantapkan penerapan sistem manajemen mutu yang akuntabel, efektif, dan efisien berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  4. Membangun jaringan kerja (networking) dengan stakeholders baik dalam negeri maupun luar negeri.

SASARAN PROGRAM STUDI

Sasaran dari Tujuan 1 adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan kurikulum Prodi DIII UPW yang diarahkan untuk memenuhi standar baku yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti dalam Permenristek No. 44 Tahun 2015
  2. Updating kurikulum yang mengantisipasi standar kompetensi lulusan melalui penyiapan program studi unggul khususnya bidang pengelolaan dan pengembangan Usaha Perjalanan Wisata
  3. Mengembangkan model-model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) yang sesuai dengan karakteristik program studi, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan Usaha Perjalanan Wisata
  4. Penguatan sumberdaya mahasiswa yang berorientasi pada kualitas dengan selalu rutin mengadakan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang Usaha Perjalanan Wisata
  5. Penguatan sumberdaya dosen yang berorientasi pada kualitas dengan cara memberikan peluang yang sebesar-besarnya untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi SDM dosen
  6. Menguatkan kapasitas SDM dalam melakukan proses belajar mengajar melalui penguatan kurikulum berbasis capaian pembelajaran

Sasaran dari Tujuan 2 adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bernilai ekonomi, ramah lingkungan, berkearifan lokal dan berkontribusi bagi masyarakat
  2. Memperkuat kapasitas dan kapabilitas mahasiswa dalam menghasilkan karya dan produk wisata 
  3. Memperkuat kapasitas dan kapabilitas tenaga pengajar di Prodi DIII UPW dalam mengembangkan kelompok peneliti dan kelompok pengabdian kepada masyarakat
  4. Mempersiapkan dan meningkatkan mutu sarana prasarana untuk menunjang karya-karya di bidang Usaha Perjalanan Wisata
  5. Melibatkan alumni secara aktif dalam kegiatan akademik untuk meningkatkan daya saing lulusan dalam mendukung sumberdaya Prodi DIII UPW

 Sasaran dari Tujuan 3 adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan organisasi, tata kelola yang transparan dan akuntabel dan berbasis teknologi informasi
  2. Adanya transparansi dalam pengelolaan sistem anggaran di Prodi DIII UPW
  3. Memperkuat tatakelola yang membutuhkan keintegrasian sehingga output sistem menjadi basis dalam pengambilan keputusan
  4. Menguatkan tatakelola berbasis manajemen mutu, budaya internal audit melalui sistem informasi manajemen terpadu
  5. Menguatkan tanggung jawab sosial (social responsibility) prodi dengan stakeholder industri pariwisata

 Sasaran dari Tujuan 4 adalah sebagai berikut:

  1. Membangun collegial work dengan berbagai industri pengguna lulusan
  2. Meningkatan kerjasama dalam bidang Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat
  3. Melaksanakan penelitian bersama antar institusi baik secara Regional, maupun Nasional
  4. Memperkuat jejaring kerjasama akademik, bisnis dan komunitas dalam mewujudkan IPTEKS yang berkaitan dengan Usaha Perjalanan Wisata
  5. Memberdayakan jejaring kerjasama keahlian/kepakaran dalam membangun collaboration research dan community engagement.

DOSEN TETAP

Akreditasi

Angket Visi Keilmuan

Pengelola Prodi

Kerjasama

Fasilitas

Struktur Organisasi

AKADEMIK

KURIKULUM

PROGRAM STUDI DIPLOMA III USAHA PERJALANAN WISATA
SMT NO MATA KULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
I 1 Pendidikan Kewarganegaraan MPK 9006 2 Ganjil Wajib Univ.
2 Bahasa Indonesia MPK 9007 2 Ganjil Wajib Univ.
3 Peng. Manajemen & Kewirausahaan UNU 9007 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
4 Bahasa Inggris I UNU 9002 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
5 Etika Akademik Dan Etika Pelayanan UNU 9004 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
6 Pengantar Pariwisata SPR 0165 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
7 Pengantar TI SPU 0101 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
8 Pengantar MICE SPR 164 2 Ganjil & Genap Wajib Univ.
9 Pengetahuan Tour & Travel SPR 0275 2 Ganjil & Genap Wajib Prodi
10 Pengetahuan Obyek Wisata SPR 0280 2 Ganjil & Genap Wajib Prodi
Jumlah 20
SMT NO MATA KULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
II 1 Pendidikan Agama Islam MPK 9001 2 Genap Wajib Univ.
Pendidikan Agama Kristen MPK 9002 Genap Wajib Univ.
Pendidikan Agama Katolik MPK 9003 Genap Wajib Univ.
Pendidikan Agama Hindu MPK 9004 Genap Wajib Univ.
Pendidikan Agama Budha MPK 9005 Genap Wajib Univ.
2 Pendidikan Pancasila UNU 9001 2 Genap Wajib Univ.
3 Bisnis Pariwisata SPR 0274 2 Genap Wajib Prodi
4 Catering And Banquet Operation SPR 0279 2 Genap Wajib Prodi
5 Geografi Pariwisata SPR 0376 3 Genap Wajib Prodi
6 Bahasa Inggris II SPR 0268 2 Genap UNU 9002 Wajib Prodi
7 Psikologi Pelayanan Pariwisata SPU 0205 2 Genap Wajib Prodi
8 Pengetahuan Akomodasi & Restoran SPR 0270 3 Genap Wajib Prodi
9 Civil Aviation Knowledge SPR 0276 2 Genap Wajib Prodi
10 Event Planning 1 SPR 0277 3 Genap SPR 0164 Wajib Prodi
Jumlah 23
SMT NO MATAKULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
III 1 Tour Planning SPR 0380 3 Ganjil SPR 0275 Wajib Prodi
2 English For Tourism I SPR 0375 3 Ganjil SPR 0268 Wajib Prodi
3 Airport Ground Handling SPR 0381 3 Ganjil SPR 0276 Wajib Prodi
4 Event Production 1 SPR 0382 3 Ganjil SPR 0164 Wajib Prodi
5 Event Planning 2 SPR 0383 3 Ganjil SPR 0164 Wajib Prodi
6 Water Tourism SPR 0384 3 Ganjil SPR 0280 Wajib Prodi
7 Culture And Heritage Tourism SPR 0385 3 Ganjil SPR 0280 Wajib Prodi
8 Tourism And Hospitality Marketing SPR 0386 2 Ganjil Wajib Prodi
Jumlah 23
SMT NO MATA KULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
IV 1 English For Tourism II SPR 0480 3 Genap SPR 0375 Wajib Prodi
2 Agro Tourism SPR 0485 3 Genap SPR 0280 Wajib Prodi
3 Creative Tourism SPR 0486 3 Genap SPR 0280 Wajib Prodi
4 Event Production 2 SPR 0487 3 Genap SPR 0164 Wajib Prodi
5 Fares And Ticketing SPR 0490 3 Genap SPR 0275 Wajib Prodi
6 Recreation And Sport Tourism SPR 0488 2 Genap SPR 0280 Wajib Prodi
7 Tour Guiding SPR 0489 3 Genap SPR 0275 Wajib Prodi
8 Praktek Kerja 1 SPU 0401 2 Ganjil & Genap Wajib Fakultas
Jumlah 22
SMT NO MATA KULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
V 1 English For Tourism III SPR 0585 3 Ganjil SPR 0480 Wajib Prodi
2 Perencanaan Dan Pengembangan Pariwisata SPR 0591 2 Ganjil Wajib Prodi
3 Manajemen Obyek Wisata SPR 0597 2 Ganjil & Genap SPR 0280 Wajib Prodi
4 Travel Document SPR 0592 3 Ganjil SPR 0275 Wajib Prodi
5 Pengelolaan Tour Dan Travel SPR 0598 2 Ganjil & Genap SPR 0275 Wajib Prodi
6 Manajemen Event SPR 0593 2 Ganjil & Genap SPR 0164 Wajib Prodi
7 Teknik Penulisan Laporan SPR 0562 2 Ganjil Wajib Prodi
8 Eco-Tourism SPR 0586 3 Ganjil SPR 0280 Wajib Prodi
9 Bahasa Mandarin SPR 0594 2 Ganjil Pilihan Prodi
Bahasa Perancis SPR 0595
Bahasa Jepang SPR 0596
Jumlah 21
SMT NO MATA KULIAH KODE SKS DITAWARKAN PRE STATUS
VI 1 Praktek Kerja 2 SPU 0613 4 Ganjil & Genap SPU 0401 Wajib Fakultas
2 Karya Tulis Akhir SPU 0612 4 Ganjil & Genap Wajib Fakultas
Jumlah 8

KALENDER AKADEMIK

PENDAFTARAN

KEMAHASISWAAN

Prestasi Mahasiswa

Organisasi Mahasiswa

Tracer Study

ZONA UNDUHAN

Publikasi

 

 

 

File Unduhan

Suasana Akademik