Benchmarking adalah proses membandingkan produk, layanan, atau praktik bisnis suatu organisasi dengan yang terbaik di industri atau dunia. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi peluang perbaikan dan meningkatkan kinerja.

Dalam konteks Indonesia, benchmarking dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Peningkatan kualitas: Membandingkan kualitas produk atau layanan dengan standar internasional.
  • Efisiensi operasional: Mengidentifikasi praktik terbaik untuk mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas.
  • Inovasi: Menemukan ide-ide baru dan kreatif dari organisasi lain.
  • Peningkatan kepuasan pelanggan: Membandingkan tingkat kepuasan pelanggan dengan pesaing.

Dalam kesempatan ini, Selasa 3 September 2024, Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Lambung Mangkurat melakukan Benchmarking kepada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP, Universitas Jember. Bertempat di Ruang Internasional FISIP Universitas Jember, rombongan dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang dipimpin oleh Dekan FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Budi Suryadi, S.Sos., M.Si., Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis, Nurul Wahyuni, S.Sos., M.AB., Sekretaris Program Studi, Noor Hidayati, S.Sos., M.AB., Dosen Program Studi yaitu Dr. Maryono, S.Sos., M.Si., dan Rizki Muslim Hidayati, S.AB., M.M. 

Kedatangan rombongan tersebut disambut oleh Dekan FISIP Universitas Jember, Dr. Djoko Poernomo, M.Si., CIQnR., CSBA., dan Wakil Dekan 3, Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M., Koordinator Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Dr. Hari Karyadi, dan seluruh dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dalam kesempatan tersebut, telah dibicarakan beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan dalam benchmarking ini:

Tujuan Benchmarking

  • Mengidentifikasi Kekuatan dan Kelemahan: Memahami di mana masing-masing prodi unggul dan di mana perlu perbaikan.
  • Belajar dari Terbaik: Mengadopsi praktik terbaik dari prodi lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Menentukan Arah Pengembangan: Menetapkan tujuan dan strategi pengembangan prodi di masa depan.

Aspek yang Dibandingkan

1. Kurikulum:

  • Relevansi dengan Dunia Kerja: Seberapa relevan mata kuliah dengan kebutuhan industri?
  • Inovasi Kurikulum: Adanya mata kuliah baru atau pembaruan kurikulum untuk mengikuti perkembangan bisnis.
  • Keterlibatan Dunia Usaha: Seberapa sering melibatkan praktisi bisnis dalam proses pembelajaran.
  • Ketersediaan Mata Kuliah Pilihan: Variasi mata kuliah pilihan yang ditawarkan.

2. Sumber Daya:

  • Dosen: Kualifikasi, pengalaman, dan jumlah dosen.
  • Fasilitas: Perpustakaan, laboratorium komputer, ruang kelas, dan fasilitas pendukung lainnya.
  • Anggaran: Besarnya anggaran yang dialokasikan untuk program studi.

3. Mahasiswa:

  • Profil Mahasiswa: Latar belakang akademik, minat, dan motivasi mahasiswa.
  • Prestasi Mahasiswa: Prestasi akademik, non-akademik, dan tingkat kelulusan.
  • Keterlibatan Mahasiswa: Tingkat partisipasi mahasiswa dalam kegiatan akademik dan non-akademik.

4. Penelitian:

  • Produktivitas Penelitian: Jumlah publikasi ilmiah, grant yang diperoleh, dan hilirisasi penelitian.
  • Relevansi Penelitian: Seberapa relevan topik penelitian dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  • Kolaborasi Penelitian: Kerjasama dengan institusi lain dalam melakukan penelitian.

5. Pengabdian Masyarakat:

  • Jenis Pengabdian: Jenis kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.
  • Sasaran Pengabdian: Kelompok masyarakat yang menjadi sasaran pengabdian.
  • Dampak Pengabdian: Dampak kegiatan pengabdian terhadap masyarakat.

6. Kerja Sama:

  • Kerja Sama dengan Dunia Usaha: Kerjasama dengan perusahaan untuk magang, proyek bersama, atau pengembangan kurikulum.
  • Kerja Sama dengan Institusi Lain: Kerjasama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga pemerintah.
  • Kerja Sama Internasional: Kerjasama dengan perguruan tinggi atau lembaga di luar negeri.

7. Sistem Penjaminan Mutu:

  • Proses Akreditasi: Proses dan hasil akreditasi program studi.
  • Evaluasi Diri: Mekanisme evaluasi diri yang dilakukan secara berkala.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Upaya untuk terus meningkatkan kualitas program studi.

Format Presentasi

  • Pendahuluan: Tujuan benchmarking, profil singkat kedua prodi.
  • Pembahasan: Perbandingan masing-masing aspek yang telah ditentukan.
  • Kesimpulan dan Rekomendasi: Kesimpulan umum dari hasil benchmarking dan rekomendasi untuk perbaikan.

Saran Tambahan

  • Involvkan Mahasiswa dan Dosen: Libatkan mahasiswa dan dosen dalam proses benchmarking untuk mendapatkan masukan yang lebih komprehensif.
  • Buat Laporan Tertulis: Susun laporan tertulis yang detail sebagai bahan evaluasi dan pengembangan program studi di masa mendatang.
  • Lakukan Tindak Lanjut: Implementasikan rekomendasi yang dihasilkan dari benchmarking secara konsisten.

Menutup Kepengurusan UKMKI SIKLUS: Refleksi dan Pencapaian UKMKI SIKLUS FISIP UNEJ 2024

UKMKI Siklus FISIP UNEJ kembali mencapai puncak perjalanan kepengurusan tahun ini dengan rentetan capaian yang patut diapresiasi. Dengan semangat keberlanjutan dan inovasi, program kerja (proker) yang digagas bukan hanya berhasil direalisasikan seluruhnya, tetapi juga menunjukkan perkembangan signifikan dibanding tahun sebelumnya. Beragam agenda strategis, seperti peringatan Maulid Nabi, Basic Islamic, dan Muslimah Entrepreneurship, telah terlaksana dengan sukses. Namun, yang menjadi sorotan utama adalah pendekatan humanis yang lebih intens terhadap masyarakat, mencerminkan visi inklusif UKMKI Siklus. Setelah sukses membina UMKM K-Suli di tahun sebelumnya, tahun ini UKMKI Siklus melanjutkan pembinaan terhadap K-Suli sembari memperluas jangkauan pengabdian melalui program Siklus Mengajar. Program ini dilaksanakan dalam tiga sesi, yakni pada 9 Mei, 18 Mei, dan 2 Juni 2024, bertempat di Desa Sumber Pinang, Kecamatan Pakusari, Jember. Langkah ini merupakan bentuk nyata penguatan hubungan antara UKMKI dengan masyarakat. Salah satu kebanggaan kepengurusan tahun ini adalah pengembangan minat dan bakat yang dirancang semakin beragam, progresif, dan adaptif terhadap kebutuhan anggota. Program yang telah berjalan sebelumnya, seperti latihan tartil dan hadroh, tetap dilanjutkan dengan semangat pembaruan. Tartil, yang menitikberatkan pada pelafalan dan pemahaman Al-Qur’an secara mendalam, menjadi ruang bagi anggota untuk memperkuat relasi spiritual mereka. Sementara itu, hadroh yang memadukan seni musik Islami dengan nilai dakwah, terus menjadi sarana kreatif bagi anggota untuk mengekspresikan kecintaan mereka terhadap agama. Inovasi terbesar dalam bidang ini adalah diperkenalkannya pelatihan memanah. Kegiatan ini bukan sekadar olahraga, melainkan juga merupakan bagian dari sunnah Rasulullah SAW yang relevan untuk penguatan fisik, konsentrasi, dan pengendalian diri. Memanah juga merepresentasikan semangat fokus dan presisi, dua kualitas yang sangat penting bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan modern. Pelatihan ini dilakukan secara bergilir bersama tartil dan hadroh setiap akhir pekan, memastikan bahwa setiap anggota memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka secara menyeluruh, baik dari sisi spiritual, seni, maupun fisik. Pendekatan holistik dalam pengembangan minat dan bakat ini tidak hanya memberikan ruang untuk eksplorasi, tetapi juga membentuk karakter anggota yang lebih tangguh, kreatif, dan berorientasi pada nilai-nilai Islami. UKMKI Siklus berhasil menjadikan aspek ini sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya besar organisasi untuk mendidik kader yang siap berkontribusi bagi masyarakat dan agama. Kepengurusan tahun ini adalah bukti konkret bahwa UKMKI Siklus terus bertransformasi menjadi organisasi yang tidak hanya aktif secara internal, tetapi juga adaptif terhadap kebutuhan masyarakat. Semoga warisan ini menjadi landasan kuat bagi regenerasi berikutnya untuk melanjutkan kiprah UKMKI Siklus sebagai garda terdepan dakwah dan pengabdian.

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Universitas Jember Tunjukkan Dominasi di Dekan Cup dan Maba Cup FISIP UNEJ 2024

Jember, 24 November 2024 – Ajang olahraga tahunan Dekan Cup dan Maba Cup FISIP UNEJ 2024 kembali menjadi sorotan. Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (HIMAKES) berhasil unjuk taring, dan hasilnya tak mengecewakan. Dekan Cup dan Maba Cup sebagai ajang keolahragaan...

HIMAKES FISIP Universitas Jember Gelar BATIK FEST-2024

  Jember, 3 November 2024 – Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial (HIMAKES) FISIP Universitas Jember sukses menggelar kegiatan pengembangan ekonomi kreatif pada kegiatan Batik Festival 2024 pada awal bulan November lalu. Bertempat di Gedung Soedjarwo, acara...

Rekrutmen REKAN 2024: Kembangkan Jiwa Kewirausahaan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ) kembali menggelar rekrutmen anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan yang diberi nama REKAN 2024. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini resmi dibuka oleh Dekan FISIP UNEJ,...

Guest Lecture Diplomasi Ekonomi Jepang di ASEAN

Jember, 30 oktober 2024- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan guest lelcture yang mengangkat tema “Diplomasi Ekonomi Jepang di ASEAN Kontribusi pada Penguatan ekonomi dan Pembangunan Jangka Panjang”  di ruang sidang FISIP...

Tim Asesor BAN PT Evaluasi Akreditasi S2 Administrasi

Jember – Universitas Jember (UNEJ) menerima kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka evaluasi pengajuan akreditasi program studi magister ilmu administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Kunjungan yang...

SMK 2 Blitar & SMKN 2 Kediri Borong Juara Olimpiade

Dalam ajang bergengsi Olimpiade Pariwisata yang baru saja usai, siswa-siswi dari SMK 2 Blitar dan SMKN 2 Kediri berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Mereka berhasil mendominasi dua kategori utama, yaitu Tour Planning dan Tour Guiding. Kegiatan olimpiade yang...

Lomba Public Speaking FISIP UNEJ

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-60 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (UNEJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Protokol FISIP mengadakan serangkaian acara menarik. Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan adalah kompetisi public...

FISIP Gelar Job Fair, Pertemukan Lulusan & Dudi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember sukses menggelar Job Fair di Ruang Internasional FISIP UNEJ. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini dihadiri oleh Dekan FISIP UNEJ, Drs. Djoko Poernomo, M.Si., CIQnR., CSBA, dan...